RADAR JOGJA – Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina menjelaskan, kegiatan ekonomi tetap harus berjalan meski pandemi belum selesai. Termasuk ekonomi kreatif yang sempat tersendat akibat kebijakan pembatasan sosial untuk mencegah penularan Covid-19. Ia pun terlibat dalam pembuatan film The Real Story of Bucin yang merupakan proyek kolaborasi sineas Kota Magelang.

“Talenta ini butuh ruang mengekspresikan. Makanya kenapa saya mau diajak. Harapannya dengan berada di antara mereka saya memberikan arah yang positif,” jelasnya.

Meskipun demikian, ia mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sekalipun harus hidup berdampingan dengan Covid-19, tidak mematikan kreatifitas. “Harapannya banyak talenta termotivasi untuk melakukan hal serupa,” jelasnya.

Sampai saat ini pembukaan bioskop masih dalam kajian. Selain itu, industri film pun terhenti. Selama pandemi hampir tidak ada film yang dirilis.

Maka dari itu, film pendek berdurasi 9 menit besutan sutradara Stevano Dian ini dirilis di sebuah kafe dengan peralatan seadanya. Film ini menampilkan Bella Aprilia dan Woro Widowati sebagai pemeran utama. Alur kisah film ini bercerita tentang seorang tokoh yang sempat bersitegang dengan mantan pacarnya semenjak putus. Namun, setelah itu mereka bisa berdamai dengan keadaan.

Stevano menjelaskan, ia sengaja mengumpulkan influencer untuk menggarap proyek kolaborasi untuk mengangkat citra Kota Magelang. Ia ingin menunjukkan ternyata Kota Magelang memiliki talenta yang tidak kalah dibanding artis ibu kota. “Kita bisa kok berkarya dengan memaksimalkan potensi,” jelasnya.

Woro yang dikenal sebagai musisi tertarik tergabung dalam proyek ini pun dengan alasan serupa. Namanya yang cukup dikenal di jagad hiburan dapat mengangkat Kota Magelang yang belum banyak dilirik. “Saya harap ini bisa menginspirasi orang lain untuk berkarya,” jelasnya. (asa/bah)