RADAR JOGJA – Penyemprotan disinfektan kembali dilakukan di Kantor DPRD DIJ oleh anggota Brimob Polda DIJ, Kamis (16/7). Wakil Ketua DPRD DIJ Huda Tri Yudiana menjelaskan, penyemprotan ini rutin dilakukan karena banyak instansi berisiko tinggi penularan Covid-19. Terlebih pada Selasa (14/7) DPRD DIJ mendapat kunjungan dari anggota DPRD Jawa Tengah.

“Beberapa hari lalu Kantor DIJ juga didatangi ratusan pendemo mahasiswa, tamu-tamu dari luar maupun warga masyarakat yang datang ke Kantor DPRD DIJ,” ungkapnya.

Dari semua kunjungan tersebut, menurut Huda berpotensi membawa virus Covid-19, sehingga disinfeksi dilakukan untuk memutus rantai penyebarannya. Sebab kantor DPRD DIJ tidak mungkin ditutup dari aktivitas publik. Selain itu, pihaknya menerapkan protokol kesehatan bagi anggota dewan di setiap rapat-rapat.

“Untuk rapat paripurna dilakukan secara virtual,” tambahnya.

Kabagops Satbrimob Polda DIJ Kompol Agus Mulono menyebutkkan, penyemprotan di kantor DPRD DIJ telah dilakukan sebanyak tiga kali. Penyemprotan di halaman Kantor DPRD DIJ menggunakan mobil dekontaminasi christanini. Sedangkan penyemprotan di dalam ruangan menggunakan alat gendong.

“Personel yang terlibat dalam penyemprotan ada 15 orang,” tambahnya. (sky/tif)