RADAR JOGJA – Tak hanya perguruan tinggi, di tengah pandemi Covid-19 Sekolah Dasar (SD) pun melakukan wisuda siswanya secara virtual. Salah satunya SD Islam Al Azhar 38 Bantul.

Dalam acara Akhirussanah dan Khatmil Qur’an, siswa yang diwisuda Sabtu (11/7) adalah angkatan ketiga. Tidak hanya wisuda kelulusan sekolah namun juga diadakan wisuda khatam/selesai alquran (khotmil quran). Pihak sekolah  memodifikasi ruang kelas laksana studio mini. Hanya beberapa tamu dan narasumber yang hadir secara tatap muka. Secara eksklusif peserta lainnya mengikuti acara melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live streaming YouTube. 

Serah terima ijazah dan pengalungan samir pada siswa oleh orang tua dilakukan secara drive thru dan bergiliran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala SD Islam Al azhar 38 Bantul Fathul Mujib menjelaskan, acara ini sudah direncanakan sejak Januafi, bahkan sudah menyewa hotel. Adanya pandemi Covid-19 maka rencana berubah.

“Kami dan tim harus mengubah konsep dan mencari ide-ide baru untuk acara wisuda ini dan tentunya acara harus dikemas semenarik mungkin dan tetap mematuhi protokol Covid-19,” ungkapnya.

Turut hadir pengawas kecamatan Bantul Tutik Saptiningsih, dia mengatakan pihak sekolah telaj melakukan diskusi dengan pengawas sekolah, Satgas Covid-19, pengurus yayasan, dan wali murid.

“Acara ini tidak semua sekolah bisa melakukannya karena menggunakan dua cara yaitu secara virtual dan drive thru. Keunikan yang lain dari acara ini adalah sekolah juga menjunjung tinggi budaya nasional berkarakter yang ditunjukkan dengan penggunaan baju adat oleh guru dan siswa saat prosesi wisuda drive tru,” ungkapnya.

Salah satu wisudawan Ganizada Favian Wirayudha mengaku sempat khawatir tidak diwisuda. 

“Tapi alhamdulillah akhirnya sekolah melaksanakan wisuda walapun acaranya sederhana tapi ini membuat kesan yang mendalam buat saya,” ungkap peraih prestasi robotika tingkat Asean, nasional dan provinsi ini. (sky/tif)