RADAR JOGJA – Seorang pemuda asal kecamatan Pakem, Sleman bernama Beni Wibowo,26 nekat membobol sebuah toko besi di Jalan Seturan, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman. Adanya dendam kepada juragan toko tersebut karena memecatnya menjadi dasar kejahatan pelaku.

Kapolsek Depok Barat Kompol Rachmadiwanto mengatakan, kejadian pembobolan toko besi milik Nabiro,50 tersebut terjadi pada Rabu (1/7) malam sekitar pukul 20.00. Pelaku melakukan pembobolan dengan menggunakan kunci duplikasi pintu toko. “Sehingga tidak ditemukan tanda kerusakan pada pintu manapun di toko tersebut,” terangnya.

Usai masuk ke dalam toko pelaku kemudian menggondol uang tunai Rp 3 Juta serta handphone milik mantan majikannya yang disimpan dalam laci toko. Saat beraksi, pelaku juga menggunakan helm agar tidak diketahui identitasnya dari kamera pengawas.

Sayangnya tubuh tambun pelaku mudah dikenali pemilik toko, sehingga polisi kemudian mudah dalam memburu pelaku. Beni berhasil ditangkap pada Selasa (7/7) di kediaman temannya yang berada di Pakem, Sleman sekitar pukul 14.00, setelah sebelumnya kabur dari rumah usai melakukan pencurian.

Usai penangkapan, diketahui motif kejahatan Beni karena dendam dipecat oleh pemilik toko dan tanpa diberikan uang lembur. Dikatakan Kapolsek, pelaku dipecat oleh majikannya karena pengurangan karyawan yang disebabkan pandemi covid-19. “Jadi pelaku ini dendam kepada majikannya karena dipecat dan tidak diberikan uang lembur. Setelah sebulan tidak memiliki pekerjaan, pelaku kemudian nekat melakukan pembobolan,” terang Rachmadiwanto.

Panit Reskrim Polsek Depok Barat Iptu Mateun Wiwid menyatakan, saat diamankan pelaku mengaku sudah menjual barang bukti untuk berfoya-foya. Handphone dijual, serta uang curian digunakan oleh Beni untuk mabuk-mabukan serta bersenang-senang dengan perempuan di Pasar Kembang bersama teman-temannya. “Jadi, setelah mencuri itu pelaku pergi ke Pasar kembang untuk menraktir teman-temannya. Uangnya habis buat itu,” ucap Iptu. Atas kejahatannya, pelaku terancam tujuh tahun penjara. (inu/din)