RADAR JOGJA – Krisis pandemi Covid-19 memang belum usai, namun para seniman tetap ingin bergerak dan beradaptasi dengan kebiasaan hidup baru. Heri Pemad Manajemen selaku inisator dan penyelenggara ARTJOG memutuskan akan menggelar kembali pada 8 Agustus hingga 10 Oktober mendatang. Mengusung tema ARTJOG: RESILIENCE, festival seni ternama di kota ini dilaksanakan di Jogja National Museum (JNM) seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Festival tahun ini tidak hanya didasari oleh keinginan untuk bangkit, tapi lebih pada upaya untuk menguji kembali ketahanan kita, melihat lagi apa-apa yang sudah kami capai sebagai sebuah festival yang telah 12 tahun berjalan,” ungkap Direktur ARTJOG Heri Pemad dalam keterangan tertulis.

Selama masa pembatasan sosial, ternyata aktivitas kesenian tidak sepenuhnya mandeg. Para seniman tetap berkarya dengan kerja studio mereka. Pemanfaatan teknologi digital dioptimalkan, pemikiran dan karya-karya terus lahir. Bagi para seniman, situasi krisis ini justru menguji mereka untuk bisa menyumbangkan sesuatu yang lebih berarti bagi dunia.

Kurator ARTJOG Ignatiu menyebutkan, gelaran tahun ini lebih fokus menampilkan seniman-seniman Indonesia. Seniman internasional kesulitan untuk berpartisipasi sebab pengiriman karya dan transportasi yang terhambat pandemi. Program penghargaan untuk seniman muda (Young Artist Award) dan ARTJOG Daily Performance tahun ini juga terpaksa tidak dilaksanakan. 

“Sebagian besar karya yang tampil tahun ini dibuat oleh para seniman pada masa pembatasan sosial, dan secara tidak langsung merupakan refleksi kritis mereka terhadap situasi krisis pandemi di Indonesia,” ujarnya.

Manajer Program ARTJOG Gading Paksi menambahkan, karya seni akan dipajang dengan konsep berbeda. Selain memajang karya di ruang pamer, pihaknya berupaya menghasilkan konten audio-visual agar ARTJOG tetap bisa dinikmati dari rumah. Pameran tetap dapat dikunjung langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Publik dapat mengakses pameran ARTJOG secara daring melalui artjog.co.id,” ujarnya. (tif)