RADAR JOGJA – Dinas sosial menerima  bayi berjenis kelamin laki-laki yang Selasa lalu (7/7) ditelantarkan di sebuah klinik bersalin di Caturtunggal, Depok, Sleman. Satuan Bakti Pekerja Sosial Kemensos Dinas Sosial Sleman Subaidi menjelaskan, bayi terlantar ini akan mendapatkan pengasuhan sementara di Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Sambil menunggu proses penyelidikan oleh Polsek Depok Barat hingga ibu kandungnya ditemukan.

“Proses tersebut sampai dengan enam bulan ke depan,” jelasnya Jumat, (10/7).

Kendati demikian, proses penyelidikan bisa lebih dari enam bulan jika Polsek Depok Barat belum memiliki tanda-tanda keberadaan ibu kandungnya. 

“Kalau dari Polsek Depok Barat maupun masyarakat tidak menemukan ibu kandungnya, maka bayi tersebut akan dibuatkan akta kelahiran. Namun tidak ada nama bapak dan ibunya, artinya anak terlantar,” papar Subaidi.

Setelah akte kelahiran diterbitkan, lanjut dia, dapat dimasukkan daftar adopsi di Dinas Sosial DIJ.

Kanit Reskrim Polsek Depok Barat Iptu Isnaini menambahkan, sebelum diserahkan ke Dinas Sosial Kabupaten Sleman, dia telah memberi nama bayi tersebut ‘Faiz Ahmaf Azami’. 

“Faiz berarti selalu mendapatkan keberuntungan, Ahmaf artinya anak yang patuh, dan Azami berarti punya niat atau tekad yang kuat,” terangnya. (sky/tif)