RADAR JOGJA – Sebagai upaya membantu masyarakat dalam menghadapi era new normal di tengah pandemi Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman memberikan bantuan kepada masyarakat. Bantuan yang diberikan berupa sarana dan prasarana pencegah penularan virus covid-19.

Kepala Baznas Kabupaten Sleman Kriswanto menjelaskan, bantuan yang diberikan pada Selasa (7/7) merupakan penyaluran tahap kedua di periode Juni-Juli 2020 dengan jumlah total sebesar Rp.998 juta. Sebelumnya, program bantuan tahap pertama juga telah diberikan pada periode bulan April-Mei sejumlah Rp.1,59 miliar. Sehingga total pemberian bantuan tahap pertama dan kedua mencapai Rp.2,59 miliar.

Untuk bantuan tahap kedua yang diberikan, Kriswanto merinci ada 1.000 paket sembako yang disalurkan kepada penjaga sekolah dan tenaga kebersihan di TK hingga SMP se-kabupaten Sleman. Ada pula 225 unit thermogun untuk masjid di Sleman dan 6.000 pcs masker yang dibagikan kepada masyarakat.

Bantuan berupa 63 unit wastafel berserta sabun cuci tangan juga disalurkan kepada 17 kantor kecamatan, Kodim, Polres dan Polsek di kabupaten Sleman. Sebanyak 1.000 paket sembako untuk penyandang disabilitas, 421 paket sembako untuk tenaga honorer kurang mampu dan 866 paket untuk marbot dan guru ngaji tradisional yang ada di kabupaten Sleman.

“Kami juga memberikan sedekah sebanyak 9 ekor sapi, 1 ekor kambing dan 60 kilo daging sapi untuk 9 kecamatan, 1 posko gugus tugas dan lembaga permasyarakatan cebongan,” ujarnya disela kegiatan penyaluran bantuan.

Terkait dengan pengadaan sembako bantuan ini, Kriswanto menyatakan bahwa Baznas Sleman bekerja sama dengan dinas perdagangan untuk membeli di pasar tradisional. Pengadaan masker diproduksi oleh kelompok disabilitas yang dikelola oleh dinas sosial. Untuk sabun cuci tangan diproduksi oleh Bumdes Makarti Margoluwih Seyegan.

“Untuk pengadaan hewan kurban, dibeli dari masyarakat sekitar yang bekerjasama dengan penyuluh agama islam (PAIF) Kemenag Sleman,”  terang Kriswanto.

Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) menyambut baik pemberian bantuan yang disalurkan oleh Baznas Kabupaten Sleman, dia pun berharap agar bantuan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. SP menyampaikan pihaknya juga terus berupaya melakukan upaya pencegahan virus Covid-19 dengan melakukan rapid  hingga swab test di berbagai sektor.

“Agar upaya pencegahan virus bisa maksimal saya juga menghimbau agar masyarakat tertib menerapkan protokol kesehatan,” ujar SP. (inu/tif)