RADAR JOGJA – Komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan yang diketuai Setiawan, S.M., M.Si. kembali menggelar kegiatan bakti sosial. Kali ini dengan menyalurkan bantuan 60 tangki atau sebanyak 360 ribu liter air bersih. Juga puluhan sembako.

Secara simbolis penyerahan bantuan air bersih dan sembako dilaksanakan di Dusun Kerjo RT.004/RW.009 Desa Gambirmanis Kecamatan Pracimantoro Kabupaten Wonogiri, Minggu (5/7).

Bakti Sosial oleh AD 1 PM Family Sahabat Setiawan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang dibantu oleh tim Medis dari UPTD Puskesmas Pracimantoro 2.

Dihadiri langsung oleh Setiawan selaku Ketua AD 1 PM Family beserta anggota komunitas serta Kepala Desa Gambirmanis, tokoh masyarakat, dan warga sekitar.

Daerah penerima bantuan air bersih tersebar di tiga Kecamatan di kabupaten Wonogiri. Di antaranya Kecamatan Pracimantoro    (Dusun Galo, Dusun Nongkosuwit, Dusun Kerjo, Dusun Gondangmanis, Dusun Nujo, Dusun Bakalan, Dusun Tileng, Desa Gambirmanis) sebanyak 40 tangki, Kecamatan Paranggupito (Dusun Blimbing Desa Sambiharjo, Dusun Lomujing, Dusun Sumberejo, Dusun Klepu, Dusun Bulu, Dusun Ngandongrejo Desa Songbledeg) sebanyak 10 tangki dan Kecamatan Giriwoyo (Dusun Keji, Dusun Kerok, Desa Girikikis) sebanyak 10 tangki.

“Bantuan berupa air bersih ini diharapkan bisa membantu warga yang tengah kesulitan air bersih serta sembako berupa beras dapat meringankan beban warga ekonomi lemah yang terdampak Covid-19,” kata Setiawan.

Dalam kesempatan tersebut Satijo (55) selaku tokoh masyarakat Desa Gambirmanis Kecamatan Pracimantoro mengucapkan terima kasih kepada Komunitas AD 1 PM Family Sahabat Setiawan yang telah memberikan bantuan air bersih dan sembako.

Dia berharap kegiatan semacam ini bisa terselenggara di lain waktu. Satijo menceritakan Desa Gambirmanis ada 17 RT mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih sejak Maret lalu. Bahkan petani pun ada yang mengalami gagal panen kacang. Warga pun harus mondar mandir ke Kecamatan Pracimantoro dengan jarak kurang lebih 10-25 KM untuk mendapatkan air bersih.

Sebelumnya AD 1 PM Family Sahabat Setiawan juga menggelar baksos pembagian sembako di berbagai daerah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Grobogan. (*/naf)