RADAR JOGJA – Tamtamtada, inisiatif musik untuk anak asal Jogjakarta kembali merilis lagu anak. Sabtu ini (4/7), Tamtamtada akan merilis sebuah lagu lewat platform digital yang kontennya tematis dengan pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung.

Sebagaimana rilisan Tamtamtada yang terdahulu, single  berjudul “Cuci Tangan” ini juga bersifat edukatif. Bedanya, single yang berisi ajakan untuk mencuci tangan dengan sabun ini menyasar pada anak-anak yang berusia lebih muda, khususnya prasekolah.

Tamtamtada diinisiasi oleh Asa Rahmana sebagai pencipta lagu. Tamtamtada semakin lengkap dengan kehadiran kibordis/komposer Nadya Hatta. Keduanya menggarap musik untuk Tamtamtada secara digital di rumah masing-masing.

”Bersama Tamtamtada kami berkomitmen untuk menghasilkan karya-karya berkualitas yang dapat menghibur, dinyanyikan, dan dimainkan oleh anak Indonesia,” ujar Asa, sapaannya, kepada Radar Jogja, Kamis (2/7).

Lagu “Cuci Tangan” sendiri sebenarnya sudah diciptakan sejak 2018 dan tidak dibuat secara khusus karena terinspirasi oleh pandemi. Justru sejak awal, Tamtamtada sengaja memilih tema edukasi tentang ajakan mencuci tangan karena dianggap penting untuk dibiasakan sejak dini.

”Berkenaan dengan adanya pandemi, lagu ini kemudian menjadi prioritas untuk rilis lebih dulu dengan pertimbangan urgensi dan manfaat. Terutama untuk mendukung kampanye cuci tangan yang sedang digalakkan demi memutus mata rantai Covid-19 beberapa bulan terakhir ini,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Tamtamtada melakukan sedikit perombakan pada lirik dengan menambahkan kata-kata yang relevan. Harapannya, melalui lagu ini anak-anak dapat belajar mencuci tangan dengan cara yang menyenangkan dan tidak merasa berat melakukannya.

Video klip untuk lagu ”Cuci Tangan” akan disajikan dalam bentuk animasi yang imajinatif dengan harapan dapat menarik perhatian, serta mudah dicerna dan ditirukan oleh anak-anak. Video tersebut akan dirilis melalui kanal Youtube Tamtamtada Lagu Anak Indonesia. Sementara audionya sendiri dapat diakses melalui platform online streaming seperti Spotify, Youtube Music, Apple Music, Deezer, dan Shazam. Sedang untuk pembelian online, lagu ini akan didistribusikan lewat iTunes dan Amazon. (ila)