RADAR JOGJA – Korps Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesia memiliki peran strategis dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. DPC PDI Perjuangan Kota Jogja menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-74 kepada seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto memberikan apresiasi atas kinerja kepolisian dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Kepolisian RI bersama TNI dan unsur kekuatan bangsa yang lain bergotong royong dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 di Indonesia  dan khususnya di Jogja.

“Ke depan Polri perlu tingkatkan sinergi dan kolaborasi dengan Pemda dan masyarakat dalam usaha bersama melawan Covid-19. Harapan kami petugas baik Polri yang medik maupun nonmedik senantiasa difasilitasi APD lengkap saat bertugas di lapangan,” katanya, Rabu (1/7).

Ketua Komisi A DPRD DIJ ini menyatakan posisi Kepolisian RI dalam menjaga keamanan dan memberikan layanan kepada rakyat telah memiliki Undang-Undang Kepolisian.  Ada UU 2/2002 yang lahir di masa kepemimpinan Presiden RI Ibu Megawati Soekarnoputri. Sesuai tujuannya yang tercantum dalam Pasal 4 UU 2/2002, Kepolisian Negara Republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan keamanan dalam negeri yang meliputi terpeliharanya keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum terselenggaranya perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, serta terbinanya ketenteraman masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Selama masa pandemi ini,  Eko Suwanto mencatat Polri berperan strategis dalam pencegahan dan penanganan covid19. Aktivitas mulai dari penyemprotan disinfektan, tugas check point di perbatasan, penegakan hukum di wilayah PSBB serta memberikan fasilitasi rapid tes, serta aktivitas baik yang lain.

“Terima kasih lho, kepolisian berikan layanan kepada rakyat dimasa pandemi Covid19.  Kantor DPRD DIJ juga beberapa kali disemprot disinfektan oleh brimob,” tuturnya. (kus/ila)