RADAR JOGJA – Pemkot Magelang sedang menyiapkan peraturan wali kota (perwal) untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Perwal tersebut bakal mengatur penerapan protokol kesehatan di beberapa area saat penerapan normal baru (new normal).

New normal supaya bisa dilaksanakan dengan disiplin sehingga kami buat regulasinya,” ungkap Sekda Kota Magelang Joko Budiyono saat dihubungi Minggu (28/6).

Salah satu hal yang dinilai paling krusial yakni penggunaan masker. “Masker ini menjadi kunci. Nanti ada dendanya supaya masyarakat disiplin,” jelasnya.

Nantinya aturan yang tercantum dalam perwal akan diterapkan di beberapa area. Terutama area yang dinilai dapat menimbulkan kerumunan orang dalam jumlah banyak sehingga rawan terjadi penyebaran virus korona. “Termasuk sektor wisata, perdagangan, pelayanan, perhubungan,” ujarya.

Kota Magelang termasuk dalam zona hijau. Saat ini hanya ada empat kasus aktif Covid-19. Namun, pemkot tetap mengingat semua warga untuk selalu waspada.

Sebab, kasus positif Covid-19 bisa bertambah kapan saja. Apalagi, masih terdapat daerah lain yang jumlah kasusnya terus meningkat. ‚ÄĚSementara itu, mobilitas tetap berjalan. Perekonomian tidak bisa kami tahan,” jelasnya.

Joko menyatakan, Kota Magelang memiliki peran cukup penting dalam roda perekonomian. “Di sini pusat bertemunya orang-orang. Maka, kami membuat regulasi agar masyarakat disiplin,” jelasnya. (asa/amd)