RADAR JOGJA – Proses hukum terhadap pelaku dan penanggung jawab aksi juga penyandang dana aksi bakar bendera partai penting dijalankan agar penegakan hukum berjalan baik. Satgas Andika Wiratama PDI Perjuangan Kota Jogja menegaskan hal ini merespons aksi kelompok massa yang lakukan provokasi dengan cara bakar bendera.

“Aksi bakar bendera PDI Perjuangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab wajib diproses hukum agar penegakan hukum berjalan baik. Ini mencoreng prinsip demokrasi, maka Satgas Andika Wiratama PDI Perjuangan Kota Jogja dorong agar proses hukum dijalankan sesuai kewenangan aparat,” kata Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Subagyo dalam Apel Konsolidasi Satgas di DPC PDI Perjuangan Jogja, Sabtu (27/6).

Apel Konsolidasi Satgas Andika Wiratama ini dihadiri juga oleh pengurus PDI Perjuangan yang juga anggota DPRD Kota Jogja dari Fraksi PDI Perjuangan Dedi Jati Setiawan, Endro Sulaksono,  Susanto Dwi Antoro,  dan unsur pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Jogja, Endah dan Irma.

Sesuai dengan instruksi perintah harian ketua umum Megawati Soekarnoputri, Satgas Andika Wiratama siap di garda depan dalam menjaga wibawa partai. Sikap itu tertuang dalam lima pernyataan sikap merespon aksi bakar bendera partai yaitu pertama mengutuk dan menolak aksi anarkis atas perusakan dan pembakaran lambang partai.

Kedua, menyerahkan proses hukum dan penyelesaian kasus ini kepada penegak hukum dan aparat keamanan segera bergerak menangkap semua pelaku, penanggungjawab dan penyandang dana aksi.

“Sikap tegas adalah Satgas Andika Wiratama mengajak semua pihak melaksanakan demokrasi sesuai dengan asas Pancasila yaitu menghormati dan taat kepada hukum yang berlaku di Indonesia,” ucapnya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto yang juga menjabat Ketua Komisi A DPRD DIK menegaskan sikap tegas Satgas Andika Wiratama penting dalam menjaga harkat, martabat dan kewibawaan PDI Perjuangan. (ila)