RADAR JOGJA – Direktorat Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda DIJ mencoba mewujudkan ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19. Mereka menggunakan lahan kosong di sekitar Pos Polairud Congot, Kapanewon Temon, Kulonprogo sebagai lokasi budidaya cabai rawit.

Pelaksanaannya melibatkan petani setempat. Kelompok tani diajak ikut merawat cabai rawit hingga masa panen pekan ini. Hasil panenan kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan kelompok tani pengelola. “Proses penanaman sudah dilakukan sejak 20 Maret 2020 lalu. Karena merupakan program ketahanan pangan, hasil panenan kami serahkan sepenuhnya kepada masyarakat sekitar dan kelompok yang sudah membantu proses penanaman,” kata Direktur Polairud Polda DIJ, AKBP Rudi Rifani, disela penanaman dan panen cabai bersama Kapolda DIJ Irjen Pol Asep Suhendar di Pos Polairud Congot, Selasa (23/6).

Dijelaskan, lahan yang digunakan milik Dirpolairud Polda DIJ. Lokasinya berada di area Pos Polairud Congot selatan Yogyakarta International Airport (YIA). Lahan tersebut dipilih karena cocok untuk budidaya cabai.  Bibit cabai yang ditanam Maret lalu dan sudah bisa dipanen, kurang lebih ada 2.800 pohon cabai. “Penanaman kali ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74. Kami tanam lagi kurang lebih sekitar 3 ribu bibit cabai,” jelasnya.

Kabid Humas Polda DIJ, Kombes Pol Yulianto menambahkan, langkah Polairud Congot pantas diapresiasi. Sebab aksi tanam cabai ini selaras dengan program pemerintah dalam upaya menguatkan ketahanan pangan di tengah mada pandemi Covid-19. “Semoga bisa menjadi contoh bagi masyarakat,” ucapnya. (tom/bah)