RADAR JOGJA – DPC PDI Perjuangan Kota Jogja melakukan aksi tanam ribuan pohon di kawasan daerah aliran sungai Code. Kegiatan aksi tanam pohon ini bagian dari kerja konkret mengisi Bulan Bung Karno sekaligus memperingati Haul Bung Karno yang wafat 21 Juni 1970.

“Benar Bung Karno telah wafat, namun jiwa, semangat juang, ajaran dan nilai-nilai kejuangannya terutama Marhaenisme, Pancasila, gotong royong terus menyala nyala,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto, Sabtu (20/6).

Eko menambahkan, dalam peringatan tahun ini selain kegiatan budaya, seminar, juga ada kegiatan menanam 1000 pohon. Mendeklarasikan ajakan #JogjaNandur. Pilihan aksi tanam pohon menjadi simbol kepedulian PDI Perjuangan dalam upaya membuat lingkungan di perkotaan lebih hijau dan nyaman.

“Ada sekitar 1000 pohon yang kami tanam bersama dengan cara bergotong royong. Aksi #JogjaNandur di sepanjang Kali Code ini dalam rangka wujudkan ketahanan pangan serta wujudkan makanan sehat untuk mencegah Covid-19,” katanya.

Kegiatan penanaman pohon dengan tajuk #JogjaNandur sesuai agenda dilaksanakan bertepatan khaul Bung Karno pada 21 Juni dimulai pukul 10.00 WIB di tujuh lokasi. Semangat #JogjaNandur adalah meneladani sosok Soekarno sang Proklamator RI agar bisa diwariskan kepada generasi muda tanah air.

“Kenapa memilih sungai atau kali? Kali itu tempat memgalirnya air dan menjadi sumber penghidupan. Ini sekaligus pesan agar kita merawat sungai dengan baik,” jelasnya. (kus/ila)