RADAR JOGJA – Aktualisasi nilai dan pemikiran Bung Karno dalam aksi nyata dewasa ini membutuhkan peran serta semua elemen bangsa. Termasuk generasi muda di tanah air.

Sebab, semangat perjuangan Proklamator RI untuk membawa bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera penting digelorakan. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto menegaskan hal ini saat memberikan refleksi hari lahir  Presiden RI pertama ini, Sabtu (6/6).

Alhamdulillah saya pernah berkunjung ke rumah dimana Bung Karno dilahirkan di Surabaya. Banyak pesan untuk kita, khususnya amanat bagi generasi muda. Ada peran strategis generasi muda untuk menggelorakan semangat gotong royong dalam perjuangan mewujudkan kesejahteraan di negeri ini,” katanya.

Eko Suwanto menambahkan dalam rangka memaknai kelahirkan Bung Karno,  6 Juni 1901, ada baiknya untuk menengok lagi isi pidato soal apa tujuan merdeka. Menjadi bangsa yang merdeka telah disampaikan Bung Karno dalam pidato, 1 Juni 1945 saat lahirkan Pancasila.

“Ada banyak nilai keteladanan dan perjuangan Bung Karno yang bisa diaktualkan dalam tindakan nyata di masa sekarang ini,” kata Ketua Komisi A DPRD DIJ ini.

Di tengah kondisi kesulitan akibat pandemi Covid-19, seluruh bangsa kini berjuang bersama untuk bisa selamat. Generasi muda bisa terlibat aktif untuk membebaskan beban rakyat yang tengah alami kondisi sulit akibat dampak penyakit menular baru.

“Kalau Bung Karno sudah membawa bangsa Indonesia menjadi negara yang merdeka, saatnya kini generasi muda konsisten meneruskan perjuangan pendiri bangsa dengan aksi nyata,” jelasnya. (ila)