RADAR JOGJA – Hingga Senin (1/6), belum ada kejelasan kapan obwis bakal dibuka kembali. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo pun belum bisa memberikan kepastian.

Pantauan Radar Jogja, di obwis kolam renang Artha Tirta Purworejo hanya ada dua petugas yang berjaga. Tak tampak ada kegiatan yang berlangsung.

Salah satunya berupa ember tumpah terlihat tak ”terpakai”. Perosotan juga tak ada yang memanfaatkan.

Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo Agung Wibowo mengungkapkan, objek wisata di Kabupaten Purworejo memang belum dibuka secara resmi. Dia belum bisa memastikan kapan berbagai obwis akan beroperasi lagi.

”Kita masih menunggu situasi benar-benar aman,” jelas Agung.

Menurutnya, Pemkab Purworejo mengelola sejumah obwis. Yakni, Pantai Dewa Ruci, Gua Seplawan, Geger Menjangan, Pantai Keburuhan, dan Geger Menjangan. Selain itu, pemkab juga mengelola kompleks Alun-Alun Purworejo dan Alun-Alun Kutoarjo.

Menurut Agung, instansinya tidak mau gegabah. Setidaknya, pembukaan kembali obwis harus didasarkan rekomendasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Purworejo.

“Saat ini pun kita masih menunggu pedoman dari Kemenperaf,” tambahnya.

Agung menyatakan, pihaknya akan memberikan sejumlah batasan saat obwis kembali dibuka untuk umum. Pihaknya sedang menyusun prosedur operasional standar untuk melayani wisatawan yang berkunjung.

“Kemungkinan new normal kan tetap ada. Di situ masih ada pembatasan,” kata Agung.

Dia menyebutkan, di awal pembukaan nanti sangat mungkin ada pembatasan jumlah pengunjung. Selain itu, protokol kesehatan Covid-19 harus diterapkan.

“Jadi, untuk masuk ke objek wisata, ya tetap harus dilakukan pemeriksaan ringan seperti pengecekan suhu, cuci tangan, dan sebagainya,” terang Agung. (udi/amd)