Masyarakat Diimbau Kontrol Belanja

RADAR JOGJA – Harga kebutuhan pokok di Kota Magelang relatif stabil. Hanya beberapa komoditas yang mengalami kenaikan haga.

Harga bawang merah semula Rp 30 ribu per kilogram. Kini naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram. “Ya saya kira wajar karena kan saat-saat seperti ini semuanya kan perlu masak,” jelas Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat dihubungi Kamis (21/5).

Wali Kota berharap masyarakat tetap berbelanja secara wajar. “Yang saya harapkan, masyarakat tetap mengontrol belanjanya. Jangan berlebihan lah. Sesuai kebutuhan saja,” ungkapnya.

Sigit telah meninjau langsung harga berbagai kebutuhan pokok ke pasar modern dan tradisional. Dia juga mengecek salah satu agen elpiji.

“Saya mengecek ketersediaan gas, alhamdulillah mencukupi. Bahkan, sangat mencukupi. Banyak supply-nya, karena mungkin permintaannya juga berkurang. Wajar karena ada Covid-19,” jelasnya.

Di sisi lain, Sigit berharap tahun ini tidak ada lagi peredaran daging sapi gelonggongan. Dia meminta pedagang untuk menjaga kualitas barang demi melindungi konsumen dan menjaga citra Kota Magelang sebagai Kota Jasa.

“Kualitas harus masuk. Apalagi, kalau ada glonggongan, pasti akan saya proses. Saya juga sudah koordinasi ini tadi dengan Polres Magelang Kota,” tegas Sigit.

Saat mengunjungi pasar tradisional, Sigit kembali mengingatkan masyarakat harus disiplin di tengah wabah virus korona ini. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Selain itu, memakai cairan pembersih setelah transaksi belanja.

Alhamdulillah dari apa yang kita lihat, semua berjalan tertib dan kondusif, juga sudah menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Termasuk mengontrol yang kemarin sore sempat viral karena tidak teratur, parkiran membludak, dan sebagainya. Alhamdulillah sekarang sudah bagus. Jadi, seperti ini yang harus dipertahankan,” papar Sigit. (asa/amd)