RADAR JOGJA – Angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik di Kabupaten Magelang kemarin (20/5). Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 14.30 tersebut juga menyebabkan tiga akses jalan sempat terhambat.

Satu di antaranya terjadi di kecamatan Ngluwar dan dua lainnya di Muntilan. Pohon kelapa di Dusun Dawang, Desa Blongkong, Kecamatan Ngluwar, tumbang. Batang pohon itu menimpa jaringan listrik. Akses jalan sempat tertutup.

“Pohon kelapa berdiameter kurang lebih 50 centimeter tumbang menutup akses jalan. Menimpa jaringan listrik. Tiang listrik roboh,” jelas Kepala Unit Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto.

Sedangkan di Dusun Karang Tengah, Desa Tanjung, Kecamatan Muntilan, rumpun bambu roboh. Rumpun bambu ini menimpa dua rumah. ”Kami sedang menghitung berapa total kerugian akibat peristiwa ini,” jelasnya.

Pohon tumbang juga terjadi di Dusun Semawe, Desa Congkrang, Kecamatan Muntilan. Yakni, mahoni dan sengon. Dua pohon ini menutup akses Jalan Lettu Sugiarno.

“Telah dilakukan penanganan darurat pemotongan pohon oleh BPBD Kabupaten Magelang, relawan, dan warga. Akses jalan sudah bisa kembali dibuka,” jelasnya. (asa/amd)