RADAR JOGJA – Akibat pandemi Covid-19 banyak aktivitas di luar ruang bagi warga berkurang drastis. Ada banyak kegiatan positif yang sebenarnya bisa dikerjakan saat semua orang jalankan protokol kesehatan, dengan di rumah saja jika tak ada kebutuhan mendesak.

Satu hal yang bisa dikerjakan adalah membaca buku untuk mengisi kegiatan di rumah saja. “Aktivitas membaca itu menyenangkan sebab bisa mengisi waktu di rumah saja dengan hal yang positif. Selain menambah pengetahuan, lewat baca buku bisa mendapatkan pemahaman baru. Selamat hari buku, ayo menambah ilmu apa saja yang bermanfaat,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Jogja Eko Suwanto, Selasa (19/5).

Dia menyampaikan ucapan selamat hari buku nasional di tengah adanya penyebaran penyakit menular baru, Covid-19. Menurutnya, ada banyak kesulitan, masalah dan problema baru yang dihadapi saat masa pandemi Covid-19.

Meski di rumah saja, dalam era perkembangan teknologi media dan majunya teknologi informasi dan komunikasi,  kini semua orang bisa tetap mengakses buku baru yang terbit dalam format digital. Momentum hari buku nasional diharapkan bisa menjadi penggerak bagi seluruh insan perbukuan agar tetap bersemangat dalam menghadapi situasi saat ini.

”Dipaksa berhadapan dengan beragam hal baru yang butuh penyesuaian. Buku memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar, mendapatkan sharing ide, juga pengalaman dan pengetahuan,” Eko yang juga menjabat  Ketua Komisi A DPRD DIJ ini. (kus/ila)