RADAR JOGJA – Memasuki tahun ke enam penyelenggaraannya, Prambanan Jazz Festival #6 tahun ini memang tak luput dari pandemi Covid-19. Alhasil, penyelenggaraan event tahunan Prambanan Jazz pun dijadwalkan ulang. Event Prambanan Jazz Festival #6 2020 ini digelar selama tiga hari pada 30, 31 Oktober, dan 1 November mendatang.

CEO Rajawali Indonesia sekaligus Founder Prambanan Jazz Festival Anas Syahrul Alimi mengungkapkan, ada narasi besar yang konsisten diwujudkan dalam festival ini, dan harus tetap diselenggarakan. Yakni kolaborasi mahakarya Candi Prambanan sebagai world heritage dan mahakarya musik dari musisi legendaris dalam satu waktu.

Kehadiran Kenny G, Rick Price, Sarah Brightman, Boyz II Men, Boyzone, YANNI, Brian McKnight, Calum Scott juga sederet musisi tanah air berkelas dalam perhelatan ini menjadi bukti konsistensi Prambanan Jazz Festival dari tahun ke tahun.

Rajawali Indonesia selaku promotor akan menghadirkan sederet artis dari manca negara dan musisi tanah air. Anas mengakui ada sedikit perubahan jadwal dari line up artis yang sudah dijadwalkan sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan pergantian tanggal membutuhkan penyesuaian ulang. Namun Anas menggaransi akan ada banyak artis yang akan ditambahkan dalam deretan line up artis di Prambanan Jazz Festival 2020.

Anas mengatakan panggung special show akan diisi musisi manca negara. Salah satunya, Postmodern Jukebox (PMJ) yang akan tampil pada hari ketiga penyelenggaraan. ”Tak diragukan lagi, PMJ sudah meraih 4 juta subscriber dan sudah tayang sebanyak 1,3 miliar kali di YouTube,” kata Anas dalam video conference via Zoom, Kamis (14/5).

Postmodern Jukebox merupakan grup musik bergenre jazz/swing yang ditemukan oleh Scott Bradlee. Group asal Amerika Serikat tersebut eksis di kanal YouTube dengan mengusung konsep unik berupa rotating musical collective.

“Prambanan Jazz menjadi satu festival yang beruntung dapat menghadirkan mereka pertama kali ke Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Co Founder Prambanan Jazz Bakkar Wibowo mengatakan pelaksanaan Prambanan Jazz #6 2020 pada hari pertama, Panggung Festival Show akan menampilkan Fourtwnty, Hindia, Pamungkas, Andmesh, Nadine Amizah, Reality Club, Once Mekel, Joey Alexander, Kunto Aji, dan masih banyak lagi.

”Hari kedua, di tempat yang sama akan diisi oleh Eva Celia, Isyana Sarasvati, Joko in Berlin, Egha De Latoya, dan akan diupdate artis lainnya,” jelasnya.

Sementara, pada hari terakhir, pengunjung akan diajak mengenang sosok musisi Jazz melalui Tribute to Djaduk Ferianto bersama Sinten Remen. Selain itu, ada juga penampilan dari Reza Artamevia, Ardhito Pramono, Janapati (Dewa Budjana dan Tohpati), dan Yura Yunita.

”Tiket presale II Prambanan Jazz Festival #6 2020 akan dibuka kembali penjualannya mulai Senin (18/5),” tambahnya. (naf/ila)