KISAH ini bercerita tentang persahabatan seekor monyet yang hidup di atas pohon pinggir sungai dengan seekor ikan yang hidup di sungai. Persahabatan antara keduanya sudah terjalin sangat erat, sehingga keduanya saling berbagi satu sama lain.

Monyet terkadang memetik buah dari atas pohon dan menjatuhkannya ke dalam sungai agar bisa dinikmati si ikan sahabatnya. Pun demikian ikan sesekali mencari kerang untuk diberikan kepada monyet sebagai santapan.

Pada suatu sore, langit terlihat mendung. Sang monyet pun menjadi was-was. Awan hitam tentu akan menurunkan hujan lebat. Dikhawatirkan kalau terjadi banjir bisa saja menghanyutkan si ikan. Hujan pun mengguyur dengan derasnya di kawasan tersebut. Sang monyet menjadi panik. Sesekali ia melompat-lompat di atas pohon. Ia memanggil-manggil sahabatnya si ikan.

Hei ikan dimana kau‘’, teriak si monyet sambil celingukan ke arah sungai.

Aku disini kera”, jawab si ikan, sambil melompat muncul ke permukaan.

Cepat kemari…. takutnya banjir bandang melanda, ayo kau ikut aku, biar kau tidak terseret arus sungai”.

Tapi monyet….”, jawab sang ikan singkat dengan terbata-bata.

Sudahlah tak ada waktu lagi berdebat yang penting kau aman bersamaku’’, tegas monyet sambil menyambar si ikan dari dalam air dan lansung membawa ikan ke pohon tempat tinggal si monyet.

Baru beberapa detik saja tindakan ceroboh monyet membuat sahabatnya si ikan kesulitan untuk bernafas. Ia hampir mati karena tidak bisa bernapas di luar air. Seketika si monyet kembali melempar si ikan ke sungai.

“Maafkan aku ikan”, cetus si monyet

“Iya tak apa-apa, saya itu tidak bisa bernafas di luar lingkungan air”, tegas si ikan.

Hujan pun mereda, si ikan dan monyet kembali bermain di tepi sungai bersama. Walaupun keduanya memiliki banyak berbedaan dalam bertahan hidup. Namun, keduanya saling tolong menolong satu sama lain. (ila)

*Penulis merupakan kelahiran Cilacap, 5 April 2007 yang saat ini, sedang mengenyam pendidikan di MTs Al-Muhajirin, Patuk, Gunungkidul. Penulis tinggal di Pondok SMART Dompet Dhuafa Jogjakarta dan juga aktif di Madrasah Literasi Pondok SMART Dompet Dhuafa Jogjakarta.