RADAR JOGJA – Kompetisi piano paling bergengsi di Indonesia, Ananda Sukarlan Award (ASA) yang diadakan tiap dua tahun kembali terselenggara. Pada pelaksanaan tahun ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Event di bidang piano klasik di Indonesia yang telah berlangsung sejak 2008 atas prakarsa oleh Pia Alisjahbana dan sejak 2014 bekerja sama dengan Kedutaan Besar Perancis yang akan memberi beasiswa penuh kepada pemenang utamanya untuk Summer Music Course di Perancis.

Humas Direktorat Jenderal Kebudayaan Darmawati mengatakan, selain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kompetisi Piano Ananda Sukarlan Award (ASA) 2020 akan diselenggarakan oleh Ananda Sukarlan Center, Yayasan Musik Sastra Indonesia, IFI (Institut Français d’Indonesie) Jakarta.

”Kompetisi Piano ASA adalah sebuah program untuk menemukan generasi baru pianis klasik Indonesia yang berbakat. Kompetisi ini telah mencetak pianis-pianis terbaik Indonesia yang pada saat ini semua tinggal di Amerika Serikat dan Singapura,” tuturnya dalam pers rilis yang dikirimkan, Kamis (9/4).

Ananda Sukarlan mengatakan, pada era ini, ASA bukan lagi untuk mencari pianis yang hanya terampil dan bisa pamer virtuositas, tetapi harus mencari pianis yang memiliki karakter dan identitas yang kuat serta pemahaman serta konsep dan kualitas artistik yang jelas.

”Kami mencari musikus yang berpikiran out of the box, para peserta juga dinilai dari strategi pemilihan repertoire-nya yang akan menentukan potensi kesuksesannya di masa datang lewat roadmap yang dia desain sendiri,” jelasnya.

Kompetisi Piano Ananda Sukarlan Award 2020 ini akan diselenggarakan pada 23-26 Juli 2020. Bagi pianis-pianis Indonesia yang berminat mengikuti kompetisi ini dapat melihat syarat dan ketentuan yang bisa dibaca secara lengkap di website kitaanaknegeri.com. (ila)