RADAR JOGJA – Semua orang punya risiko yang sama untuk terpapar virus Covid-19 karena cara penyebarannya yang sangat cepat. Kamu mungkin saja bukan orang yang terjangkit virus tersebut, tapi bisa jadi pembawa (carrier) virus untuk orang lain.

Seperti yang sudah disampaikan oleh World Health Organization (WHO), virus ini tidak menyebar lewat udara. Covid-19 hanya bisa menular melalui droplets atau percikan batuk, bersin, atau air liur saat berbicara. Untuk itu, pemerintah pun sudah menyarankan untuk menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing).

Setidaknya ada tiga gejala umum yang menandakannya seseorang sudah terjangkit virus Covid-19 yang perlu diketahui berikut:

1. Demam tinggi hingga di atas 38 derajat Celcius

2. Batuk kering

3. Sesak napas dalam waktu yang panjang

4. Tubuh lemas

Gejala ini biasanya akan timbul dalam kurun waktu 2 – 14 hari setelah terpapar virus Covid-19. Gejala yang muncul masih dalam tahap ringan dan bisa muncul secara bertahap.

Para ilmuan sedang berusaha mencari obat dan tenaga medis pun bekerja keras menangani pasien Covid-19 ini. Untuk mencegah jumlah pasien tidak bertambah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terpapar Covid-19.

1. Tetap di rumah

Tidak bepergian dapat menghindar dari tempat umum yang dipenuhi banyak orang. Kita tidak pernah tahu ada orang yang sebenarnya sudah tertular di sana. Disarankan juga untuk tetap tidak pulang kampung atau mudik dalam waktu dekat. Bisa jadi, kamu yang membawa virus tersebut ke orang-orang terdekat di kampung halaman.

2. Menjaga jarak

Menjaga jarak saat berbicara atau berinteraksi dengan orang lain juga dibutuhkan. Percikan batuk dan bersin bisa terbang hingga jarak kurang lebih satu meter. Untuk itu, berdirilah sekitar dua meter saat berbicara dengan seseorang.

3. Mencuci tangan

Tangan jadi media penularan yang paling sering untuk virus ini. Setelah melakukan apa pun, sebaiknya kamu langsung mencuci tangan dengan air dan sabun. Cara mencuci tangan pun harus tepat dan menyeluruh, mulai dari telapak, jari-jemari, sela-sela jari, bagian punggung, hingga ibu jari.

4. Hindari menyentuk mata, hidung, dan mulut

Tiga bagian tubuh ini jadi pintu masuk Covid-19. Bila memang ingin menyentuhnya, cuci tangan terlebih dulu dan keringkan dengan lap bersih. Jangan lupa, setelah menyentuh bagian tubuh tersebut, cucilah tanganmu kembali dengan sabun sampai bersin.

5. Menjaga kebersihan diri

Wabah ini juga mengajarkan kita semua untuk lebih menjaga kebersihan diri. Setelah mencuci tangan dengan sabun, kamu pun disarankan supaya membersihkan diri setiap hari. Mandi dan mengganti pakaian, lalu mencuci pakaian setelah dipakai juga diharuskan.

Selain itu, kamu pun perlu menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersih. Gunakan telapak tangan, tisu, atau bagian dalam siku untuk mencegah air liur menempel di benda lain. Bila kamu merasakan gejala, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mengecek kondisi dan risiko Covid-19 juga dapat dilakukan melalui aplikasi daring, salah satunya www.sehatq.com. Berbagai informasi mengenai update Corona ditampilkan di sana. Tetap jaga kesehatan dan ingatkan kembali orang-orang di sekitarmu untuk melakukan semua langkah di atas. (sky/tif)