RADAR JOGJA Dua kelompok suporter PSS Sleman Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania kompak melakukan aksi penggalangan dana guna memerangi virus korona (Covid-19). Hasil donasi nantinya akan diberikan kepada rumah sakit rujukan dan puskesmas di Sleman.

Melalui tagar #MelawanCOVID19 dan #AmbilTindakan yang digaungkan di media sosial, penggalangan dana BCS berlangsung sejak 23 Maret hingga 2 April. Sementara Slemania membuka donasi hingga saat ini dengan tagar #SlemaniaPeduli.

BCS Media Guide BCS Aand Andrean mengatakan jenis bantuan yang diberikan seperti alat pelindung diri (APD) bagi para petugas medis. Juga, hand sanitizer, masker, dan kebutuhan logistik lainnya. Nah, per 31 Maret jumlah donasi sudah terkumpul senilai Rp 28 juta. “Tahap pertama kami sudah memesan baju hazmat sebanyak 250 pcs,” ujarnya. “Tapi kalau nominal final baru bisa kami sampaikan besok (hari ini, Red),” imbuh Aand.

Lebih lanjut, Aand menuturkan selain baju hazmat, nantinya akan ada tambahan APD. Yakni, berupa face shield mask atau pelindung wajah. Yang jelas menurut Aan semua donasi akan diberikan untuk para medis yang telah berjuang di garda terdepan dalam menangani Covid-19.

Ketua Slemania Rengga Dian Senjaya menjelaskan selain membuka rekening donasi, Slemania juga menerima bantuan berupa masker, botol kosong, dan bahan hand sanitizer. Dengan adanya penggalangan dana ini, diharapkan bisa membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19. “Besar atau kecilnya bantuan akan sangat berguna bagi masyarakat umum,” tandasnya.

Baik BCS maupun Slemania berharap Covid-19 segera berlalu. Sebab imbas virus asal Wuhan, China ini membuat sejumlah agenda olahraga di dunia harus ditunda bahkan dibatalkan. Dampak Covid-19 juga sangat terasa di Tanah Air. Khususnya kompetisi Liga 1 dan 2 yang terpaksa harus diberhentikan untuk sementara waktu. (ard/din)