RADAR JOGJA – Upaya pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan Pemkab Gunungkidul. Melalui Gugus Tugas yang baru dibentuk, warga diminta mematuhi imbauan pemerintah.

Ketua Gugus Tugas Covid-19, Immawan Wahyudi mengatakan, pihaknya telah melakukan tindakan pemantauan langsung antisipasi risiko warga tertular Covid-19 Selasa (24/3) dini hari.  Bus rombongan hajatan pernikahan dari Jakarta dihentikan dan diarahkan ke RSUD Saptosari. “Sebelum pulang ke rumah masing-masing, seluruh rombongan menjalani pemeriksaan kesehatan,” kata Immawan.

Rombongan berjumlah 20 orang itu menjalani tindakan antisipasi risiko penularan dan penyebaran Covid-19. Seperti diketahui, Ibu Kota Jakarta menjadi kawasan dengan intensitas penyebaran Covid-19 cukup tinggi. “Kami minta warga patuh terhadap imbauan pemerintah melalui segenap unsur untuk tidak melakukan tindakan yang dapat membahayakan diri dan keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Saptosari, Ridwan mengungkapkan, sesuai dengan instruksi Bupati Gunungkidul tindakan antisipasi penyebaran Virus Corona terus dilakukan. Rombongan hajatan manten di semprot desinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh serta pengecekan kesehatan. “Selain warga, armada dan barang bawaan juga disemprot,” kata Ridwan.

Dibantu delapan petugas puskesmas serta empat tenaga medis, tindakan pencegahan Covid-19 dilakukan sesuai prosedur kesehatan. Kemudian langkah lanjutan warga diminta mengisolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari. (gun/bah)