RADAR JOGJA – Torehan prestasi yang diraih Pemkot Magelang kian banyak. Pemkot memperoleh penghargaan predikat B terkait akuntabilitas kinerja dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Award diterima Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam acara Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah III bertajuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019 bertema Making Changes Making History di Hotel Tentrem Jogjakarta pada Senin (24/2). Hasil evaluasi ini disampaikan Menteri PAN-RB Cahyo Kumolo.

Sigit sangat optimistis predikat SAKIP Kota Magelang akan terus meningkat. Sebab, pemkot telah membangun dan mengimplementasikan sistem perencanaan kinerja berbasis teknologi informasi yaitu e-planning, e-budgeting, dan e-SAKIP. ”Kita sudah terbantu dan dilengkapi dengan teknologi informasi. Tools-tolls itu harus kita optimalkan penggunaannya,” tandasnya.

Pemkot Magelang mendapat nilai SAKIP 66,47 pada 2019. Nilai itu meningkat dibanding nilai tahun sebelumnya dengan nilai 65,10.

Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan capaian kinerja.  Pemkot dinilai sudah cukup memadai.

Wali Kota Sigit mengaku bangga dengan predikat B terkait akuntabilitas kinerja. Prestasi ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran pemkot.

Sigit menegaskan, jajarannya harus tetap semangat sehingga mampu meningkatkan prestasi di masa depan. ”Kualitas pembangunan, birokrasi, dan penyelenggaraan pemerintahan di Kota Magelang harus memiliki tujuan yang jelas dan berorientasi pada hasil. Jadi, kita harus tetap semangat, dan prestasi ini harus kita tingkatkan terus,” ujarnya saat dihubungi Senin(25/2). (asa/amd)