RADAR JOGJA – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 kembali menggelar training center (TC) guna mematangkan persiapan jelang berkiprah di ajang Piala AFF U-16 dan Piala Asia U-16 2020. Nah, kali ini mereka memilih Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menjadi tempat pemusatan latihan.

TC di DIJ berlangsung sejak 17 hingga 26 Februari mendatang di Lapangan sepak bola Universitas Islam Indonesia (UII). Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti mengungkapkan alasan memilih DIJ sebagai tempat berlatih timnya. Menurutnya, DIJ adalah kota yang representatif untuk digunakan tempat berlatih. Selain itu, suasana dan lapangan dinilai sangat bagus dan pas. “Biar mereka juga tidak hanya latihan di Bogor, Bekasi, dan Sidoarjo,” ujarnya.

Total 26 pemain yang mengikuti TC di DIJ. Termasuk empat di antaranya hasil scouting yang masih berstatus seleksi. Dijelaskan, pemusatan latihan ini merupakan lanjutan dari materi yang sudah diberikan sebelumnya. “Kami pemantapan dan pengulangan latihan sebelumnya seperti pemahaman taktik, individu, grup maupun secara tim,” katanya.

Bima berujar Timnas U-16 juga bakal menggelar mini trofeo di DIJ. Yakni melawan PSS U-16 dan tim PPU Kaltim di Lapangan UII pada Sabtu 22 Februari mendatang.

Lalu pada 27 Februari tim akan bertolak ke Solo guna melakukan uji tanding kontra Thailand di Stadion Manahan. “Kami juga sekalian mencoba Stadion Manahan yang akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 nanti,” kata Bima. (ard/din)