RADAR JOGJA – Selain bumbu dapur, kunyit juga sering dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal. Warna dan aromanya yang khas, kaya akan senyawa aktif curcumin yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari Times of India via JawaPos.com, Senin (10/2), kunyit bersifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan di dalamnya, rempah-rempah yang baik untuk pencernaan.

Mengonsumsi kunyit sehari-hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Cara-cara pengolahannya pun mudah. Tak perlu repot membuatnya jadi jamu, manfaat kunyit bisa didapatkan cukup dengan direbus dan dicampur bahan lain.

Misalnya, merebus susu murni dengan kunyit baik diminum sebelum tidur. Manfaatnya memperbaiki jaringan yang hilang dan mempercepat pemulihan tubuh. Bagi penggemar teh, bisa juga menambahkan sejumput kunyit saat merebus air hingga mendidih.

Rebusan kunyit dengan jus lemon dan madu dapat menjadi air detox yang menyehatkan. Manfaat terbaik dapat dirasakan dengan rutin meminumnya setiap pagi.

Kunyit juga dapat diolah dalam kuah sup seperti sup tomat, sup ayam, atau sup jamur untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (jpc/tif)