RADAR JOGJA – Hujan deras selama lebih satu jam kemarin (27/1) memicu beberapa titik di jalan perkotaan Purworejo sempat tergenang. Selain itu, beberapa pohon tumbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo langsung bergerak. Mereka segera melakukan penanganan.

Kepala Pelaksana BPBD Purworejo Sutrisno mengungkapkan, hujan deras yang terjadi sejak sekitar pukul 14.00 sampai 15.45 membuat jalan-jalan yang berada di wilayah cekungan sempat memunculkan genangan. Genangan air itu dipicu saluran drainase yang sempat mampat.

Beberapa tempat yang sempat terpantau mengalami genangan di antaranya sebelah barat Jembatan Liwung, depan Kantor KPPN Purworejo, dan sisi selatan Kodim Purworejo. “Kemunculan genangan tidak terlalu lama. Setelah hujan reda, air juga langsung surut,” kata Sutrisno.

Sedangkan pohon tumbang, setidaknya, terjadi di lima lokasi. Itu berdasar identifikasi BPBD Purworejo. Pohon tumbang tidak hanya terjadi di perkotaan. Juga, di sejumlah pedesaan di Purworejo.

“Untuk di dalam kota, pohon tumbang ada di Kampung Plaosan dan depan Hotel Intan,” imbuh Sutrisno.

Pohon tumbang menimpa rumah warga.”Di Kampung Plaosan ada dua (pohon tumbang) masing-masing menimpa rumah. Keduanya sudah ditangani,” tutur Sutrisno.

Sedangkan pohon tumbamg di depan Hotel Intan tidak menimpa bangunan. Pohon melintang jalan sehingga menutup akses jalan. Petugas BPBD langsung menanganinya.

Khusus pohon tumbang di wilayah pedesaan, antara lain terjadi di Desa Winong, Kecamatan Kemiri. Selain itu, terjadi di Desa Kalinongko, Kecamatan Loano.

Sutrisno meminta masyarakat tetap waspada. Dia melihat potensi terjadi hujan deras di Purworejo masih cukup tinggi. (udi/amd)