RADAR JOGJA – Bersepeda menjadi pilihan Bupati Purworejo Agus Bastian untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat. Dia memilih Minggu pagi.

Itu terlihat dari kegiatan bersepeda yang dilaksanakan di Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Minggu  (19/1). Ada ratusan pesepeda dari beragam komunitas terlibat dalam kegiatan tersebut.

Selain unsur eksekutif Pemkab Purworejo, tampak Wakil Ketua DPRD Purworejo Kelik Susilo Ardani. Mereka bersepeda menyusuri jalan di seputar Kecamatan Kutoarjo sebelum finis di Alun-Alun Kutoarjo.

“Bersepeda itu olahraga yang ringan. Makanya, saya ingin menggelorakan sepeda ini lagi,” kata Agus Bastian.

Dia mengungkapkan, melalui sepeda dia bisa bersama dengan masyarakat. Dia bisa menyapa warga di sepanjang rute perjalanan.

“Saya punya semboyan dalam bersepeda ini yaitu sehat pangkal kaya. Kenapa saya pilih semboyan itu? Karena dengan bersepeda itu kita akan sehat, dan bisa kaya itu karena kita bekerja. Dan, syarat bisa bekerja adalah sehat,” jelas Agus Bastian.

Lebih jauh dia mengungkapkan biasa bersepeda. Dia tidak sendirian bersepada. Dia mengajak berbagai unsur di lingkungan Pemkab Purworejo.

Dia dia meminta kegiatan itu diikuti masyarakat. “Saya tidak membeda-bedakan kok. Siapa yang sempat waktu ya monggo kita bersepeda bersama,” kata Bupati.

Dalam satu pekan, setidaknya Bupati memiliki dua agenda bersepeda. Selain Minggu pagi, ada jadwal bersepeda Sabtu pagi yang diperuntukkan untuk pimpinan organisasi perangkat daerah. Jadwal bersepda Minggu pagi dilaksanakan bergilir di setiap kecamatan di Kabupaten Purworejo.

“Dengan bersepeda kita itu bisa membangun kebersamaan dan komunikasi. Ada sumbatan apa di tengah masyarakat, ya kita dengarkan. Selanjutnya, kita carikan solusinya sehingga permasalahan itu bisa diselesaikan,” imbuh Bupati. (udi/amd)