RADAR JOGJA – Tanah longsor kembali terjadi di kawasan lereng Gunung Andong yang masuk wilayah Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Pemicunya adalah hujan deras.

Rumpun bambu sepajang sekitar delapan meter dengan tinggi sekitar tga meter longsor. Longsoran menutup akses jalan Dusun Sudimoro menuju Dusun Ngaliyan, Desa Bale Agung, Kecamatan Grabag.

Berdasarkan keterangan Kepala Desa Bale Agung Muhamad Nursolihkin, rumpun bambu itu berada di tanah pekarangan milik Heri. Longsor terjadi sekitar pukul 07.15 Sabtu (11/1).

“Dalam kejadian tersebut, tidak mengakibatkan korban jiwa,” jelasnya Minggu (12/1).

Kapolsek Grabag Polres Magelang Polda Jateng AKP Joko Hero Agustiono membenarkan kejadian tersebut. Dia menegaskan pihaknya telah mengirimkan beberapa anggota untuk melakukan pengecekan dan mengevakuasi material longsoran. Anggoya yang diterjunkan terutama Bhabinkamtibmas.

”Siang ini (kemarin) anggota kami telah berada di lokasi bencana bersama sama  dengan anggota Koramil, warga masyarakat, damkar, BPBD, elawan, dan SAR Grabag. Melakukan kerja bakti guna membersihkan material longsoran,” jelas Joko saat dihubungi Minggu (12/1)

Mengingat kawasan longsor berada di bawah lereng Gunung Andong, tanahnya masih banyak yang labil. Tanah mudah longsor. “(Ada potensi longsor) jika terkena gerusan air hujan yang turun dengan kapasitas tinggi. Dihimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati,” imbuhnya.

AKP Joko menegaskan, Polsek Grabag selalu siap siaga dalam penanganan bencana. “Diharapkan kepada warga masyarakat untuk segera melapor bilamana terjadi bencana alam di lingkungan. Sehingga, kami dari tim bisa cepat dalam penangannya,” jelasnya. (asa/amd)