RADAR JOGJA – Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) akhirnya berhasil meraih kemenangan dalam laga kedua mereka di ajang Indonesian Basketball League (IBL) (12/1). Menghadapi Satria Muda Pertamina di GOR Sahabat, Semarang, BPJ menang dengan skor 66-58.

Setelah kalah pada laga pertama dari Louvre Surabaya, pelatih Bank BPD DIY Bima Perkasa, Raoul Miguel Hadinoto melakukan evaluasi. Dia mengubah taktik permainan timnya pada gim kedua. Perubahan taktik itu berbuah manis. BPJ sukses menundukkan Satria Muda Pertamina. “Banyak skenario game kami ubah. Saya juga memberi motivasi pemain untuk percaya pada game plan dan konsisten dalam defense,” kata pelatih yang akrab disapa Eboss tersebut selepas laga.

Kendati demikian, Eboss juga menyoroti permainan tim asuhannya, yang dia sebut masih belum konsisten. Itu dijanjikannya akan diperbaikan dalam pertandingan berikutnya. “Memang kami masih up and down sepanjang pertandingan, tetapi kapten kami banyak melakukan komunikasi dalam defense,” lanjutnya.

Di laga tersebut, BPJ tampil dominan. Mereka jarang sekali bisa terkejar oleh SM. Bintang BPJ, Devin Gilligan mencetak double double dengan 20 angka dan 11 rebound. Penampilan tak kalah apik diperlihatkan oleh David Seagers. Legiun asing BPJ asal Amerika Serikat itu membuat 24 poin dan 12 rebound.

Kapten Bima Perkasa, Frida Aris Susanto mengakui dia dan rekan-rekannya bermain lebih bagus dibanding pertandingan pertama. Menurut dia, para penggawa BPJ bermain jauh lebih disiplin. “Teman-teman juga sabar dalam melakukan eksekusi,” ujarnya.

Sedang di sisi lain, pelatih Satria Muda Pertamina, Milos Pejic, mengeluhkan banyaknya turn over yang dilakukan pemainnya. Dalam laga itu SM memang melakukan 26 kali turn over, berbanding hanya 15 milik BPJ. “Terlalu banyak turn over, lawan jadi leluasa mencetak angka,” keluhnya. (kur/pra)