RADAR JOGJA – Elpiji bocor menyebabkan kebakaran rumah. Itu terjadi di Dusun/Desa Tempursari, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Sabtu (11/1). Rumah yang terbakar adalah milik Istiqomah, 50.

Bagian dapur yang berukuran 4 x 3 meter terbakar. Barang yang ada di dalamnya hangus.

“Berdasarkan hasil olah TKP (tempat kejadian perkara) dan keterangan dari korban, penyebab kebakaran disebabkan dengan bocornya tabung gas elpiji. Gas menyambar korek api yang ditaruh di atas kompor dan pakaian yang berada dialamari di dekatnya, mengakibatkan kebakaran besar,” jelas Kapolsek Candimulyo AKP Gede Mahardika Minggu (12/1).

Salah seorang saksi yakni Saryono, 30, menyatakan, melihat ada kepulan asap di rumah Istiqomah. Dia lantas berteriak meminta tolong agar warga sekitar segera membantu memadamkan kebakaran etrsebut. “Tetapi, api terlanjur membakar dapur beserta isinya,” katanya.

Warga baru mampu memadamkan api beberapa saat kemudian. Upaya pemadaman memanfaatkan alat seadanya.

Saat kebakaran terjadi, Istiqomah sedang tidak berada di rumah. Dia pulang setelah mendapatkan kabar dari tetangganya bahwa rumahnhya terkabar.

Kebakaran akibat elpiji bocor ini sampai menelan korban jiwa. Kerugian mengalami akibagt kejadian ini diperkirakan sekitar Rp 5 juta.

ā€¯Diharapkan masyarakat apabila mengetahui adanya gas elpiji bocor, hendaknya dijauhkan dari api maupun barang yang mudah terbakar, sehingga kejadian kebakaran tidak akan terjadi lagi,” jelas Gede. (asa/amd)