RADAR JOGJA – Pengamalan Bank BPD DIY Bima Perkasa Jogja (BPJ) berlaga di Indonesia Basketball (IBL), tampaknya tidak cukup ampuh untuk bisa menaklukan pendatang baru Louvre Surabaya. Pada laga perdana yang berlangsung di GOR Sahabat, Semarang kemarin (10/1), BPJ kalah lima bola dari Louvre Surabata denga skor 71-81.

BPJ mengawali laga dengan buruk. Devin Gilligan dkk terlambat panas di kuarter pertama. Hal tersebut membuat Louvre Surabaya leluasa menembus pertahanan BPJ. Kuarter pertama skor ditutup dengan kedudukan 17-26 untuk keunggulan Louvre.

Di kuarter kedua, permainan BPJ jauh lebih baik. Dimotori Devin Gilligan, permainan tim asal Jogja tersebut terlihat lebih berani dan lebih atraktif. Hasilnya, BPJ berhasil membalikkan kedudukan di kuarter kedua ini. Mereka mengakhiri kuarter kedua dengan keunggulan 49-42 atas Louvre.

Sayangnya, permainan apik BPJ tak berlanjut di dua kuarter terakhir. Pada dua kuarter tersebut, para penggawa BPJ kerap melakukan keasalahan sendiri. Banyak peluang yang seharusnya berbuah angka, dan tak bisa diselesaikan dengan baik oleh para pemain BPJ.

Andalan center Louvre Surabaya, Savon Goodman menjadi bintang dalam laga ini. Pemain bernomor punggung 5 tersebut sukses mencetak double-double dengan rincian 28 poin dan 19 rebound. Tampak, Goodman sangat menikmati kemenangan di laga perdana ini.

Asisten pelatih BPJ Moosa Permadi menyatakan, kekalahan timnya lebih banyak disebabkan kurangnya komunikasi. Dia pun mengakui timnya tidak tampil dengan agresif. ”Anak-anak tidak menjalankan game plan. Mereka bermain sendiri-sendiri. Itu yang menyebabkan kami kesulitan,” katanya.
Begitu juga dengan David yang mengakui bahwa dirinya dan rekan-rekannya tidak bermain dalam form terbaik.”Kami off day. Kami harus segera bangkit pada Minggu nanti,” tegasnya.

Sementara Goodman mengungkapkan kebahagiannya karena timnya bermain baik dan mencapai target meraih kemenangan. ”Meski banyak kekurangan, tapi kemenangan tetaplah kemenangan,” jelasnya.

Selain itu, Goodman juga memuji kehadiran penonton yang hadir memenuhi kursi di GOR Sahabat, Semarang. Menurut dia, kehadiran penonton di laga tersebut bisa memberikan timnya motivasi lebih dalam bermain. (kur/bah)