RADAR JOGJA – Tim renang indah atau artistik Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) bersiap mengikuti ajang Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019. Kontingen DIJ mengirimkan tiga atlet terbaik dalam ajang yang digelar selama dua hari yakni 18-19 Desember di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Tim DIJ terdiri Nabilah M.K. Umarella, Michelle Holly Raharjo, dan Salsabila Rizki Erica Putri. Mereka di dampingi pelatih Rosa Palmastuti dan manajer Rizal Umarella.

Ketua Harian Pengda Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) DIJ Suharyanto mengatakan, ketiga atlet tersebut merupakan atlet pemusatan latihan daerah (puslatda) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIJ. “Semoga tim DIJ bisa meraih hasil terbaik dan lolos ke Papua tahun depan,” harapnya Selasa (17/12).

Dalam kualifikasi ini, DIJ juga turut mengirimkan dua wasit untuk cabor renang indah. Mereka adalah Ully Pitaloka dan Arina Salshadila. ”Renang indah ada tiga atlet, yaitu Salsa. Satu lagi latihannya di Makassar. Semuanya target lolos renang indah,” imbuh Suharyanto

Sementara itu, secara keseluruhan PRSI DIJ mengirimkan sebanyak 31 atlet untuk cabor akuatik. Terbagi dalam tiga subcabor yakni renang lintasan dan polo air yang telah bertanding 12 dan 13 Desember dan berakhir kemarin. Renang indah baru akan digelar hari ini hingga besok.

Sebagai informasi, babak kualifikasi ini digelar bersamaan dengan event Indonesia Open Aquatic Championship 2019. Ajang ini mengundang federasi serta klub dari berbagai negara se-Asia. Selain atlet Pra-PON, DIJ juga mengirimkan atlet-atlet kelompok umur sebagai regenerasi cabor tersebut. (cr18/amd)