RADAR JOGJA – SMA Taruna Nusantara (TN) Magelang punya nakhoda anyar. Yakni, Mayjen (Purn) Suhartono ”Tono” Suratman.

Tono resmi menjadi kepala di sekolah itu usai dilantik Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di SMA Taruna Nusantara Magelang Sabtu (14/12). “Ini sengaja saya lakukan sendiri (melantik Tono) untuk menggarisbawahi bahwa SMA Taruna Nusantara bukan SMA biasa. SMA Taruna Nusantara dibentuk Menhan (Jenderal L.B. Moerdani),” jelasnya.

Menhan mengaku menunjuk Tono menjadi kepala SMA Taruna Nusantara lantaran merupakan prajurit TNI yang berprestasi. “Baru menjabat Menhan kurang dua bulan, tapi saya merasa perlu untuk mengadakan penyegaran di lingkungan lembaga dan pimpinan sekolah SMA ini. Saya ucapkan terima kasih kepada Jenderal Subagio, minta kebesaran jiwa, Tono Suratman untuk menjadi kepala sekolah. Ada bintang tiga, bintang tiga yang siap menjadi kepala sekolah,” jelasnya.

Menhan mengaku sudah lama mengenal Tono sejak di militer. Dia yakin Tono bisa memimpin SMA Taruna Nusantara menjadi lebih baik lagi. “Saya kenal beliau (Tono Suratman). Tapi, saya kenal beliau, bukan hanya di daerah aman. Saya kenal beliau di daerah operasi. Saya kenal beliau di daerah perang. Saya kenal beliau di daerah yang paling susah, dan saya berdiri di sini secara jujur, harus saya katakan beliau salah satu prajurit dan perwira terbaik TNI,” tuturnya.

Menhan menyatakan laporan dari Gubernur Akmil Mayjen Dudung Abdurachman tentang lulusan Taruna Nusantara banyak yang berprestasi saat masuk di Akademi Militer (Akmil). Dia berharap kualitas lulusan SMA Taruna Nusantara tetap terjaga. (asa/amd)