RADAR JOGJA – Bertajuk Aksi Kecil untuk Bumiku, Taman Pintar Jogja mengajak masyarakat untuk konsen terhadap bumi. Implementasinya yaitu berupa pemberian 1.500 cenderamata pot gerabah kecil berisi kompos dan bibit tanaman, pada acara Breakfast for Charity #2, di Halaman Balai Kota Jogja, Jumat (13/12).

Dalam Breakfast for Charity #2 ini, Taman Pintar menyediakan 1.075 kupon seharga Rp 20.000 untuk mendapatkan sarapan, minuman dan cenderamata. Dari acara ini terkumpul Rp 21.500.000. Acara ini untuk menumbuhkan  kepedulian sosial ASN di lingkungan Pemkot Jogja dan masyarakat umum.

Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar Afia Rosdiana mengatakan kompos tersebut merupakan hasil pengolahan sampah di Taman Pintar. Di dalamnya ada bibit cabai, tomat, dan sawi. “Ini cara kami mengajak warga untuk menanam,” katanya.

Menurutnya, selama 11 tahun, sejak 16 Desember 2008, Taman Pintar akan terus melayani masyarakat dan menjalin sinergitas dengan berbagai pihak lain. Tujuannya untuk semakin meningkatkan eksistensinya. “Kami bertekad terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk wisatawan maupun pengunjung,” tegasnya.

Taman Pintar akan menandatangani kesepakatan dengan Kementerian Kesehatan, MIPA UGM,  dan jaringan online Tokopedia. Ini dilakukan dengan harapan eksistensi Taman Pintar terjaga dan semakin banyak lagi aksi-aksi yang diberikan.

Dikatakannya, dalam kurun waktu seminggu ini terjadi peningkataan pengunjung. Berkisar antara 6.000-7.000 per hari. Jumlah ini meningkat sejak pertengahan November. Diprediksi puncak kunjungan akan terjadi saat liburan Natal dan Tahun Baru.”Kami prediksi satu juta pengunjung,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kota Jogja Aman Yuriadijaya berharap Taman Pintar tetap menjadi tempat yang ikonik pariwisata yang berkonten pendidikan. Karena itu dia meminta pengelola untuk terus melakukan upaya rebranding produk konten. “Sehingga, sebagai destinasi wisata itu tetap berada pada rating yang baik,” harapnya. (cr15/din)