Depot Es Semanggi menjadi salah satu ikon Kota Magelang. Es yang disajikan depot tersebut melegenda di Kota Sejuta Bunga.

—–

RADAR JOGJA – Kota Magelang memiliki minuman khas. Minuman tersebut yakni es semanggi. Awalnya, es dengan bahan ”unik” tersebut dijual di Depot Es Semanggi.

Minuman ini terbuat dari sirup dan santan. Selain itu, ada berbagai bahan tambahan.

Es di depot itu banyak digemari masyarakat. Akhirnya, muncul warung-warung yang menyajikan es di Depot Es Semanggi.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina termasuk penggemar es semanggi. ”Dulu saat masih sekolah sering ke sini, dengan teman-teman. Jajan es Semanggi. Dulu sudah spesial ini,” jelasnya.

Kini di tiap sudut Kota Magelang dapat dijumpai es semanggi. Namun, Depot Es Semanggi yang berada di tempat parkir Basement Matahari disebut-sebut sebagai depot pertama.

Pemilik Depot Es Semanggi Eko mengungkapkan, resep sirup yang digunakan merupakan resep yang sama dengan resmi yang digunakan kakeknya saat mulai berdagang es sejak 1960-an. ”Sirup yang kami gunakan, kami buat sendiri. Memang sama dari sejak Mbah Kakung dulu buat,” jelasnya kepada Radar Jogja beberapa waktu lalu.

Salah satu bahan yang digunakan yakni gula pasir untuk menghasilkan rasa manis. Tidak seperti sirup pabrikan yang menggunakan pemanis buatan. Pewarna sirup juga menggunakan pewarna makanan yang aman dikonsumsi.

Salah satu yang ”menu” es cukup khas yakni pleret. Es pleret terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulatan kecil dengan cetakan dari bambu. Selain itu, ada bahan lainnya yakni tape, dawet, dan roti.

Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan. Selain sirup, ada kelapa muda, jeruk, susu, cokelat, dan soda. ”Campuran bahan dan varian rasa itu dikombinasikan sehingga membuat racikan menu yang pas,” jelas Eko.

Es semanggi terus berkembang. Kini ada banyak orang yang mengadopsi menu-menu es di Depot Semanggi. Warung es yang menyajikan es model Depot Semanggi pun bermunculan di berbagai tempat di Kota Magelang.

Keberadaan warung-warung tersebut tak membuat Depot Es Semanggi meredup. Depot Es Semanggi tetap dikenang sebagai pelopor es semanggi. (asa/amd)