Radar Jogja – Jika dulu Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) Sanden-Srandakan ramai tanaman bunga, kini kondisinya berubah. Para petani bunga, yang dulu biasa berjualan di sana, beralih menjadi petani cabai.
“Iya sebagian besar petani lebih memilih tanam cabai,” ungkap Nurul Khomawati kepada Radar Jogja, kemarin (10/12). Dia menyebut, dari belasan petani hingga akhir tahun ini hanya ada empat petani yang bertahan menanam bunga. Itu pun bukan tanaman baru yang dikhususkan menyambut liburan akhir tahun. Melainkan tanaman lama.
Kecenderungan, petani menanam cabai dikarenakan pada 2019 ini. Tingkat kunjungan wisatawan ke Taman Bunga menurun. Yang biasanya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan pengunjung per hari di hari biasa. Kini hanya mencapai puluhan pengunjung per hari di hari biasa. “Bahkan kadang tak ada yang datang,” ungkapnya.
Selain itu, petani memanfaatkan momen tanam cabai di bulan tertentu. Saat harga cabai meroket. Di sisi lain, kerasnya persaingan antar pengelola taman bunga, menyebabkan petani kembali menanam cabai. Sebab, pengunjung pun juga memilih taman bunga yang menurutnya menarik. “Meskipun hampir semua petani menanam bunga waktu itu, kenyataannya tidak semua laris dibanjiri pengunjung,” ungkapnya. Nurul pun berencana mengganti tanaman bunganya dengan tanaman cabai pada pertengahan Januari 2020 mendatang.
Minimnya taman bunga di JJLS Sanden disayangkan oleh wisatawan. Mirna Dirja Sahita misalnya. Warga asal Pekalongan Jawa Tengah itu menyebut Taman Bunga Matahari identik dengan ikon Bantul. Apalagi berada di sepanjang jalanan Pantai. Sehingga akan menjadi tempat yang pas dan alternatif saat berwisata ke Pantai. “Agak beda sih dengan foto yang diunggah di medsos. Pas sampai sini sedikit kecewa karena tamannya tinggal dikit dan bunga-bunganya sudah banyak yang kering,” keluhnya.
Padahal, obyek wisata taman bunga itu biasa dijadikan jujukan wisata akhir tahun. Biasanya, semua keluarganya datang ke Jogja untuk berlibur. “Biasanya main ke Pantai Samas, Goa Cemara dan Pantai Baru. Pulangnya pasti mampir di taman bunga buat selfie-selfie-an,” katanya. (mel/pra)