MAGELANG, Radar Jogja – Muhammad Irfan, pemilik lama tanah yang kini dinamai Balong Jati Park, angkat bicara terkait klaim bahwa tanah itu berstatus Government Grond (GG). Dia menolak klaim tersebut.

Dia mengaku memiliki secara sah tanah seluas lebih dari dua ribu meter persegi tersebut. Termasuk tanah yang berbatasan langsung dengan sungai yang berada di dekat lokasi tersebut.

”Baru ada masalah akhir-akhir ini. Sebelumnya dua puluh tahun itu, tidak ada yang mengklaim itu GG selama saya memiliki,” jelasnya saat ditemui di rumahnya kemarin (11/12).

Awalnya tanah tersebut merupakan milik beberapa orang. Sebagian besar tanah tersebut merupakan warisan dari orang tua Irfan.

Selain itu, ada tanah yang merupakan milik sejumlah orang.Termasuk, milik Yoso dan Rono. ”Di situ tidak ada tanah GG. Ada yang berbentuk sertifikat, ada yang berbentuk letter C. Intinya, membeli sudah bersurat. Jalan termasuk sebagai pekarangan milik pribadi,” jelasnya.

Saat menjual tanah tersebut, tegas Irfan, pihak yang berhubungan dengan pembeli adalah istri. Kini dia telah bercerai dengan istrinya.

Saat itu, dia sedang di dalam penjara. ”Mantan istriku yang menjual tanah pada tahun 2014, saat saya prihatin di lapas (lembaga pemasyarakatan). Saya menandatangani transaksi jual beli dengan Bapak Handoyo untuk menjual tanah kurang lebih dua ribu meter persegi,” jelasnya.

Waktu itu tanah diatasnamakan Inneke Yuliany Wibowo. ”Setahun yang lalu, datanglah Agus Haryono ke tempat saya. Dia tahu itu tanah milik saya, yang dijual mantan istri saya. Dia ingin tahu siapa pembelinya. Saya tunjukkan ke tempat Bapak Handoyo,” jelasnya.

Kegiatan rafting di Balong Jati Park memang baru ada semenjak setahun lalu. ”Ia menemui Pak Handoyo untuk memohon izin menggunakan lahan itu. Terus, Pak Handoyo datang ke lokasi di mana yang mau dipakai Pak Agus. Akhirnya, ada persetujuan,” jelasnya.

Nama Balong Jati Park sebenarnya dinamai dari nama sungai. ”Balong itu nama sungai. Kalau (pohon) jati itu, saya yang menanam. Saya mulai tanam tahun 1996,” jelasnya. (asa/amd)