Radar Jogja – Dua sekolah tingkat menengah atas (SMA) di Kabupaten Purworejo berhasil meraih penghargaan Adiwiyata. Dua sekolah yang mendapatkan award di bidang lingkungan tersebut adalah SMAN 1 Purworejo dan SMAN 5 Purworejo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo Al Bambang Setyawan mengungkapkan, SMAN 1 Purworejo berhasil mendapat Adiwiyata Mandiri. Sedangkan SMAN 5 Purworejo memperoleh Adiwiyata Nasional.

Rencananya, penghargaan diserahkan pimpinan Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta besok (13/12). “Pemberitahuan mengenai raihan penghargaan itu sudah kami terima,” kata Bambang kemarin (11/12).

Keberhasilan SMAN 1 Purworejo mendapatkan Adiwiyata menambah panjang jumlah sekolah di Purworejo yang sudah meraih prestasi serupa. Sebelumnya, ada dua sekolah yang menyandang predikat tersebut yakni SDN Brenggong dan SDN Sebomenggalan di Kecamatan Purworejo.

Ada pula banyak sekolah yang sukses meraih gelar Adiwiyata Nasional. “Kalau nasional lumayan banyak, secara detail saya tidak ingat,” tambah Bambang.

Dalam ajang penghargaan Adiwiyata Mandiri, sebenarnya Purworejo mengajukan tiga sekolah. Selain SMAN 1 Purworejo, juga diusulkan SMK Negeri 1 Purworejo dan SMPN 2 Purworejo. “Tapi untuk kedua sekolah itu belum berhasil,” katanya.

Ada beberapa persyaratan yang gagal terpenuhi oleh SMK Negeri 1 Purworejo dan SMPN 2 Purworejo. Khususnya, di bidang administrasi. Sedangkan aplikasi di lapangan konsep Adiwiyata di kedua sekolah itu sebenarnya sudah berjalan baik.

“Saat penilaian ada hal yang kurang, di mana ada ketentuan sekolah harus memiliki sekolah yang dilakukan pendampingan. Itu pun harus diberikan sejak awal sekolah binaan melakukan rintisan,” imbuh Bambang. (udi/amd)