RADAR JOGJA – Dampak cuaca buruk membuat kawasan wisata Puncak Sosok porak poranda. Diterjang angin kencang yang mengakibatkan pendopo di lokasi tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian yang terjadi di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul tersebut.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor, yang mengelola wisata Puncak Sosok, menyebut kejadian robohnya pendopo terjadi sekitar pukul 12.00. Disertai hujan dan angin kencang. “Tepatnya setelah waktu Dzuhur,” ungkapnya saat dihubungi Selasa (10/12).

Akibatnya, kata dia, pendopo rubuh itu adalah salah satu bangunan baru yang bertempat di bawah panggung pertunjukan Puncak Sosok. Pendopo tersebut sedang dalam proses pembangunan.

Sedangkan untuk korban jiwa, Rudi menyebut tidak ada korban meninggal maupun luka-luka. Menurut dia, pada saat kejadian para pekerja tengah beristirahat makan siang. “Di pendopo (yang rubuh) sedang ada proses pemasangan keramik. Jadi tadi ada pekerjanya, beruntung tadi para pekerja sedang makan siang, lima pekerja itu selamat,” ungkapnya.

Rudi menyebut, selain pendopo yang rubuh, hujan disertai angin kencang tersebut juga  membuat beberapa tenda untuk festival Bawuran mengalami rusak. Selain itu, ornamen yang terpasang pada panggung pertunjukan juga dalam kondisi porak poranda. “Saat ini masih proses evakuasi,” tuturnya. (inu/pra)