RADAR JOGJA – Kepala desa (Kades) berusia muda asal Purworejo menjadi anggota delegasi Indonesia untuk menyerap kepemimpinan level internasional. Dia adalah Malik Khairul Anam, Kades Megulungkidul, Kecamatan Pituruh.

Dia mengikut International Youth Leader (Program Pemimpin Pemuda Internasional) yang digelar di Bangkok, Thailand, 2-8 Desember. Dia menjadi bagian dari 26 pemuda dari seluruh Indonesia.

“Ini benar-benar kesempatan luar biasa dan amat berharga bagi saya,” kata Anam kepada Radar Jogja Selasa(10/12).

Selama di Thailand, Anam bersama delegasi Indonesia melakukan serangkaian kegiatan pengabdian di bidang pendidikan, kebudayaan, sosial, maupun kesehatan. Dia juga mengikuti program asah kemampuan dan mengikuti pelatihan kepemimpinan internasional.

“Semua biaya tidak dibebankan kepada peserta karena semua ditanggung oleh IYP,” tambah lelaki kelahiran 28 Agustus 1990 ini.

Anam mengetahui program ini dari temannya yang aktif di media sosial. Dia pun mendaftar.

Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno dan Bupati Purworejo memberikan dukungan. “Pak Bupati memberikan izin dan mendukung yang saya lakukan. Saya dalam kegiatan ini mendapatkan banyak keuntungan karena sekarang sudah berjejaring dengan para pemimpin muda dari berbagai latar belakang dan daerah di Indonesia,” tutur Anam.

Yudhie Agung mengaku mendukung program yang diikuti Anam. Menurutnya, program itu Pihaknya akan memberikan manfaat. (udi/amd)