Radar Jogja – Hotel Grand Keisha Jogja mendapat kehormatan menggelar Rangkaian Muktamar Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) di Jogja, Kamis (14/11). Hadir sebagai pembicara, Komite Ekonomi Industri Nasional, Soetrisno Bachir serta Sandiaga Uno, dan Andi Arsian Djunaid

Sutrisno Bachir menyebut, di era ekonomi yang ditandai dengan berkembangnya fenomena kekuatan bisnis data seperti unicorn menandai kebangkitan bisnis kaum milenial Indonesia.

Berbicara pada Kegiatan “Mentoring Busines Usaha” yang dihadiri 100 lebih peserta dari seluruh Indonesia pada acara ini diadakan di hotel Grand Keisha Jogja.

Memulai pembicaraan dalam tataran global, Mas Tris sapaan akrab mantan Ketua KB PII  ini mengatakan sejak Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika, negeri Paman Sam ini dipimpin Trump layaknya seperti memimpin perusahaan.

Terbukti ekonomi  Amerika tumbuh dengan baik. Kenapa? Persis seperti mimpin binsis, Trump tidak mau rugi, maka dia juga tidak mau rugi mimpin AS.

Akibatnya ia tidak mau ikuti model perdagangan bebas karena ia yakin akan kalah dengan Tiongkok. Padahal rezim perdagangan bebas (free trade) itu adalah ciptaan Amerika sendiri.

Ekonomi dikatakan merdeka saat kita bisa secara mandiri memperdagangkan produk kita. Agar bisa berhasil, ketiga pembicara menyampaikan harus ada sinergi antara pelaku usaha, pemerintah, dan perguruan tinggi. (sce/pra)