RADAR JOGJA – Career Development Center (CDC) Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar Job Fair dan Expo. Sekaligus peluncuran Sistem Integrasi Kampus, Alumni, dan Industri atau Instansi (Sikali), di Kampus Utama UAD, di Tamanan, Bantul, Senin sampai Selasa (18-19/11).

Kepala Bidang CDC dan Alumni Bimawa UAD Hendy Ristiono SFar MPH Apt mengatakan, Sikali merupakan sarana bagi mahasiswa, alumni, dan industri untuk saling bertukar informasi tentang kebutuhan tenaga kerja industri atau instansi. “Industri bisa melihat secara langsung CV alumni, sebaliknya alumni juga bisa mengakses lowongan pekerjaan dari industri,” jelas Hendy.

Kepala Bimawa UAD Dr Dedi Pramono MHum menjelaskan Job Fair diikuti 15 perusahaan yang menjadi mitra UAD. Sedangkan Expo Kewirausahaan diikuti 18 tim dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA). “Job Fair menjembatani antara lulusan UAD dan umum dengan perusahaan yang akan langsung melakukan rekrutmen pegawai. Sedangkan Expo Kewirausahaan menjadi etalase bagi mahasiswa dalam mengembangkan jiwa entrepreneurshipnya,” ujar Dr Dedi.

Rektor UAD Dr Muchlas MT menyampaikan Kemajuan teknologi informasi yang begitu cepat juga telah mengubah permintaan tenaga kerja dari dunia usaha dan industri, banyak pekerjaan manusia yang telah digantikan oleh mesin atau robot. UAD, kata dia, tidak hanya membekali mahasiswa dengan kompetensi hard skills, tapi juga soft skills atau employability skills. “Kemampuan tersebut diberikan kepada mahasiswa sejak awal kuliah hingga lulus, ditambah kegiatan seperti Job Fair dan Expo Kewirausahaan seperti ini,” ungkap Dr Muchlas. (*/pra)