RADAR JOGJA – Dosen Prodi Kebidanan Fakultas Kesehatan (FKES) Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Goes to school “Peduli Kesehatan Remaja”, di SMK Kesehatan Sadewa, di Moyudan, Sleman, Kamis (14/11).

Ketua pelaksana dan koordinator pemeriksaan kesehatan remaja Ika Fitria Ayuningtyas SSiT MKes menyampaikan, selain mendukung program pemerintah, rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat ini juga sebagai salah satu bentuk tugas pokok Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Melalui kegiatan edukasi kesehatan reproduksi dan anemia diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan remaja akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi sedini mungkin dan mencegah anemia,” ujar Ika.

Koordinator Yoga Remaja Budi Rahayu MKeb mengharapkan, siswa dapat merasakan manfaat yoga bagi kesehatan jiwa dan raganya. “Selanjutnya pemeriksaan tekanan darah, kadar HB, tekanan darah, dan asam urat menjadi salah satu upaya deteksi dini kesehatan remaja sehingga remaja dapat melakukan upaya preventif terhadap penyakit tidak menular,” ungkap Ayu.

Ika menuturkan, rangkaian kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi langsung Prodi Kebidanan FKES unjaya dalam mendukung program penguatan Germas yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan remaja Indonesia sehingga tercipta generasi banga Indonesia yang sehat dan berkualitas.”Kesehatan remaja adalah kunci kualitas SDM Indonesia yang memegang peran penting dalam kemajuan perkembangan bangsa Indonesia,” tutur Ika. (*/pra)