RADAR JOGJA – Tim sepak bola Pra-PON DIJ bersiap tampil dalam ajang Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019. Kontingen DIJ tergabung dalam grup 2 bersama Jawa Timur (Jatim) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pra-PON rencananya berlangsung pada 5 hingga 10 Desember mendatang. Nah, dalam grup 2 ini Jatim bertindak sebagai tuan rumah. Pertandingan grup 2 akan di gelar di Stadion Delta Delta Sidoarjo pada 6-10 Desember 2019.

Pelatih sepak bola Pra-PON DIJ Erwan Hendarwanto mengatakan persiapan yang dilakukan timnya berjalan cukup lancar. Lebih lanjut, dia menyebutkan sebanyak 25 pemain sudah disiapkan untuk ajang Pra-PON 2019.

“Sebelumnya kami telah melakukan berbagai seleksi dan sudah terjaring pemain terbaik yang kami dapat,” ujarnya kepada Radar Jogja, Selasa (12/11).

Dalam ajang Pra-PON, DIJ membidik target tinggi. Yakni, lolos di ajang PON XX Papua 2020 mendatang. Namun, untuk merealisasikan target yang diusung tentu bukan perkara mudah.

Sebab, DIJ berada di grup yang terbilang cukup berat. Itu lantaran kedua pesaingnya memiliki waktu persiapan yang lebih matang. Juga menjadi tim langganan yang selalu lolos ke PON.

Apalagi, baik Jatim maupun Kalteng sudah mempersiapkan tim sejak satu hingga dua tahun yang lalu. Sedangkan, DIJ hanya memiliki waktu persiapan singkat, yakni kurang dari satu bulan. “Ini laga berat. Tidak ada taktik khusus, kami hanya memperbanyak doa,” kata mantan pelatih PSIM Jogja itu.

Lebih lanjut, Erwan berujar dengan hanya diambil satu tim dari tiga peserta, pihaknya tak punya pilihan lain. Selain, menargetkan lolos. “Kami akan mengandalkan kolektivitas yang kami bangun di sini. Semoga bisa meraih hasil yang diharapkan,” tandasnya.

Ketua Umum Asosiasi Provinsi (Asprov) DIJ Ahmad Syauqi Soeratno berharap tim DIJ dapat tampil maksimal di ajang Pra-PON. Kendati dengan persiapan yang minim, Syauqi optimistis DIJ bisa merealisasikan target tersebut.

“Apapun kondisinya, para pemain ini menjadi harapan DIJ untuk bisa tampil di PON 2020 mendatang. Entah berat atau tidak, ya harus dilalui dengan usaha maksimal,” ujarnya. (cr18/riz)