RADAR JOGJA – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sekaligus merayakan Sewindu (8 tahun) FORTAIS (Forum Ta’aruf Indonesia) Sewon, Bantul, DIY, kembali digelar pernikahan gratis.

Nikah bareng dengan nama “Golek Garwo dan Nikah Bareng Jomblowers” ini berlangsung Minggu (3/11) lalu, diikuti empat pasangan pengantin.

Ketua Golek Garwo & Nikah Bareng Nasional, Ryan Budi Nuryanto mengatakan, acara “Golek Garwo dan Nikah Bareng Jomblowers” tersebut terbuka umum gratis dan full fasilitas (biaya nikah, mahar, cincin kawin, pesta hingga bulan madu di Hotel Satoria). 

“Nikah bareng dengan tema “Jomblowers dan Manten Bersatu Membangun Indonesia” kali ini bertempat di Hotel Satoria Jln. Laksda Adisutjipto Km. 8 Sleman, DIY,” kata Ryan.

Menurutnya tema itu diambil seiring dengan tujuan diadakannya acara ini, yakni dalam rangka peringatan Hari Pahlawan dan HUT Sewindu FORTAIS Sewon, Bantul, DIJ.

“Untuk kegiatan ini, kami disupport Paguyuban Rias Pandan Wangi, Hotel Satoria, Latifa Jewerly, Java Videotron, BEJO Jahe Merah, RS. Sakina Idaman, CIS Catering Ibu Supardi, Taman Bunga Kotagede, Ingkung Jawa Waroeng nDesso, dan Pita Biru Production,” tuturnya.

Dikatakan, acara nikah bareng ini menjadi yang pertama di Indonesia, karena pernikahan digelar di ajang pencarian jodoh dan hasil dari golek garwo, ijab unik di tempat fitness dengan mahar seperangkat alat salat, dumbeell tiga kilogram, dan alat peracik kopi.

“Peserta nikah bareng ini tidak hanya berasal dari DIJ atau Jawa Tengah. Ini yang membedakan nikah bareng Jogja Istimewa dengan daerah, lain karena selalu unik dan pesertanya nasional,” katanya.

Yang ikut nikah bareng kali ini, antara lain Harmono (60 tahun), Duda, Mantrijeron, Jogja dengan Ani Khandari (53), Perawan, Mantrijeron Jogja; Wasdiyantok (34), Duda, Playen, Gunungkidul dengan Dwi Wijayanti, (26), Janda, Umbulharjo, Jogja

Lalu ada Siswanto (30 th), Jejaka, Banguntapan, Bantul dengan Thirdyah Desiarimbi (45), Janda, Kotagede, Jogja; dan Dede Hidayat Kurniawan (27) penyandang Disabilitas, Jejaka, Kota Baru, Lampung Tengah dengan Okeu Andriani  (28 th), Perawan, Kota Bogor Barat, Jawa Barat. 

Acara nikah bareng ini, secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes, sedangkan untuk prosesi nikah dipandu Kepala KUA Depok, Sleman, H. Jaenudin, S.Ag., M.SI. 

“Tujuan dari kegiatan Golek Garwo dan Nikah Bareng ini untuk memfasilitasi para Jomblo di dunia, khususnya Indonesia untuk mendapatkan pasangannya dan nantinya mewujudnya pasangan sakinah, sejahtera, dan membawa keberkahan untuk Indonesia sesuai dengan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat ber-Pancasila,” ujar Ryan. (*/tif)