RADAR JOGJA – Nur Khayati, mahasiswa Prodi Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga (UIN SUKA) berhasil meraih Juara 3 dalam Anugrah Inovasi dan Penelitian 2019. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah jogja, September 2019 lalu.

Dia membawa pulang medali perunggu berkat penelitiannya yang berjudul Sistem Peringatan Dini Banjir Berbasis Sensor Ultrasonik dan Internet Of Things (IoT). “Ini adalah penelitian berbasis IT dengan pendekatan fisika instrumentasi, yang terfokus pada jenis pemrograman dengan pemanfaatan Android sebagai pengendali utama,” jelas Nur usai menerima penghargaan pada puncak acara Festival Inovasi, Sabtu (19/10).

Lebih lanjut Nur memaparkan, melalui sebuah program Android yang terkoneksi dengan Arduino yang sudah tersistem khusus dengan bantuan sensor ultrasonik HC-SR04, dapat mendeteksi banjir jarak jauh. Banjir yang terjadi sewaktu-waktu dapat dipantau melalui smartphone. Nur mengaku menyelesaikan persiapan untuk lomba tersebut hanya dalam waktu 1 hari.

Penelitian yang dia lombakan juga merupakan tugas akhir atau skripsinya di Program Studi Fisika. Menurutnya, kerja keras yang telah ia lakukan terbayarkan oleh kejuaraan ini.

Nur berharap hasil penelitiannya ini dapat membantu tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam mengantisipasi bencana banjir, khususnya di wilayah Jogjakarta. Sehingga dapat meminimalisir adanya korban jiwa akibat bencana banjir.

Dia pun mengajak teman-temannya dari Prodi Fisika agar menyusul untuk mengkompetisikan hasil inovasi akademik yang berhasil ditemukan. “Agar semakin banyak karya-karya akademik dari Fakultas Sains dan Teknologi yang dapat bermanfaat bagi pembangunan dan pengembangan masyarakat luas,” ungkapnya. (sky/tif)