RADAR JOGJA – Padukuhan Gedang Bawah, Sambirejo, Prambanan termasuk wilayah sulit air. Setiap musim kemarau, Gedang Bawah selalu dilanda kekeringan.

Pemerintah Desa Condongcatur, Depok, Sleman tak ingin tinggal diam melihat warga Gedang Bawah kesulitan air bersih. Aksi peduli bencana kekeringan pun dihelat.

Bersama warganya, Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji menyalurkan bantuan droping air bersih sebanyak 20 tangki senilai Rp 3 juta bagi warga Gedang Bawah, Sabtu (19/10).

Selain itu turut disumbangkan uang tunai Rp 11.192.000. Untuk membangun instalasi air. “Uang itu terkumpul selama delapan hari. Dari donasi masyarakat dan perangkat desa,” ungkap Reno.

Pemdes Condongcatur berencana menggalang donasi lagi untuk penyaluran air bersih tahap dua. Sasarannya wilayah Desa Gayamharjo dan Wukirharjo di Prambanan. “Kebaikan dan kepedulian bisa menular. Marilah membiasakan berbuat baik bagi semua orang. Di mana dan kapan saja,” ajaknya.

Dukuh Gedang Bawah Suharto mengaku sangat terbantu oleh masyarakat Condongcatur. Menurutnya, uang bantuan akan digunakan untuk membuat instalasi air dan sumur bor sedalam 70 meter. (cr16/yog/tif)